Pemkab Purbalingga Wajib Luruskan Sejarah

By: On: Dibaca: 136,666x
Pemkab Purbalingga Wajib Luruskan Sejarah

DSC_8497

 

Dawuh para sesepuh pinesipuh (perintah orang tua-red) kepada para pengurus Yayasan Arsakusuma periode tahun 2016-2021 wajib dilaksanakan dengan baik dan bertanggungjawab.

Dawuh itu adalah untuk meluruskan penetapan peringatan Hari Jadi Kabupaten Purbalingga tanggal 18 Desember 1830 yang selama ini diperingati oleh masyarakat Purbalingga,

Hal itu diungkapkan Ketua Yayasan Arsakusuma, R Budi Setiawan, SE.,M.Si dalam acara pengukuhan pengurus Yayasan Arsakusuma di Pendapa Candiwulan, Kutasari Purbalingga,, Minggu (11 September 2016).

Dikatakan Budi Setiawan, tanggal Hari Jadi Purbalingga apa yang selama ini diperingati oleh masyarakat Purbalingga belumlah tepat sepenuhnya. Untuk itu, perubahan hari jadi dipandang perlu, terutama untuk meluruskan sejarah yang sebenarnya tentang Kabupaten Purbalingga.

“Hari Jadi Kabupaten Purbalingga lebih tepat jatuh pada tanggal 23 Juli 1759,”ungkap Budi Setiawan.

Budi menjabarkan, hal ini mendasarkan dari penggalian bukti sejarah seperti literatur dan narasumber sejarawan untuk menghimpun kebenaran data agar semua usulannya dapat menjadi perhatian pemerintah. Dan secepatnya akan  membuat surat rekomendasi yang akan dilayangkan ke Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Purbalingga.

“Secepatnya akan mengajukan usulan ke DPRD Purbalingga untuk merevisi Perda Nomor 15 Tahun 1996,”tegasnya.

Pasalnya, Tanggal yang sekarang tercantum di Perda Nomor 15 Tahun 1996  itu mendasarkan kejadian penyerahan kedaulatan dari Kesultanan Surakarta dan Yogyakarta kepada Pemerintah Hindia Belanda pasca perang Diponegoro.

“Dalam beberapa literasi yang dikumpulkan, sebenarnya tanggal 23 Juli 1759 merupakan Hari Jadi Kabupaten Purbalingga. Pasalnya, pada tanggal 23 Juli 1759 itu adalah momentum selesainya pembangunan alun-alun dan pendapa oleh Bupati Purbalingga pertama, putra Arsantaka yakni Arsayudha, yang bergelar Dipayudha III,”ungkapnya. (yoga tri cahyono)

 

 

 

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!