Pemkab Purbalingga Siap Dukung Penyandang Disabilitas

By: On: Dibaca: dibaca 132.09Rbx
Pemkab Purbalingga Siap Dukung Penyandang Disabilitas

Legal Coaching Clinic ALSA di Purbalingga

Cyber Media Lintas24.com_Asian Law Student’s Association (ALSA) local chapter Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto menggelar Legal Coaching Clinic yang menjadi rangkaian program ALSA Care tahun 2017 yang bertemakan “Care for diffabilities”, Sabtu (9 Desember 2017), di Graha Adiguna komplek pendapa Dipokusumo Purbalingga.

Kegiatan ini difasilitasi Pemerintah Kabupaten Purbalingga dengan dihadiri para penyandang disabilitas dan Dinas Sosial dan Pengendalian Penduduk (Dinsosdalduk) Kabupaten Purbalingga

Bupati Purbalingga Tasdi yang diwakili Sekretaris Daerah Wahyu Kontardi mengemukakan, para penyandang disabilitas harus ditempatkan sama dalam harkat dan martabatnya. Dia melanjutkan jangan ada diskriminasi dan pengucilan bagi penyandang disabilitas.

“Manusia diciptakan mempunyai hak yang sama oleh Allah SWT. Jangan ada diskriminasi kepada disabilitas. Semua harus dilayani dengan baik termasuk disabilias karena mereka dilindungi undang-undang,” ungkap Wahyu.

Wahyu menambahkan, diskusi dan talkshow seputar disabilitas harus mengandung solusi. Pemerintah Kabupaten Purbalingga mengaku siap memfasilitasi atas solusi yang diberikan termasuk dari para mahasiswa.

“Acara tersebut pun menelurkan sebuah kesimpulan perlu adanya stimulus lapangan pekerjaan untuk kemandirian disabilitas,”ungkapnya.

Ketua Pelaksana, Angga Zulfikar menuturkan, kegiatan ini merupakan gerakan dalam memperingati Hari Disabilitas Internasional dan bertujuan mengembangkan skill dan potensi agar bisa mandiri. Penyandang disabilitas harus bisa mandiri, sehingga paradigma masyarakat tentang disabilitas yang tak bisa bersaing akan berubah.

“Kami berharap penyandang disabilitas bisa mandiri dengan berwirausaha. Oleh sebab itu kami persiapkan acara hari ini dengan matang,” kata Angga.(yoga tri cahyono)

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!