Pemkab Purbalingga Bakal Luncurkan Bus Sekolah

By: On: Dibaca: dibaca 80.93Rbx
Pemkab Purbalingga Bakal Luncurkan Bus Sekolah

Pemerintah Kabupaten Purbalingga bakal mengoperasikan bus sekolah. Bus ini memiliki 26 tempat duduk, dan 10 pegangan yang dikhususkan bagi penumpang yang berdiri merupakan hasil pengajuan Dinas Perhubungan (Dinhub) Kabupaten Purbalingga ke Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.

“Akhir Desember 2018, Bus tersebut akan diluncurkan dan digunakan sebagai angkutan perintis, untuk mengangkut siswa yang tempat tinggalnya belum dilalui angkutan umum. Bus sekolah bantuan Kemenhub ini merupakan hasil pengajuan dari Dinhub Purbalingga dimana nanti pengoperasiannya mengutamakan pada jalur-jalur yang belum terlayani oleh angkutan umum,”  kata Imam saat dijumpai di ruang kerjanya, Senin (10 Desember 2018).

Imam menambahkan, konsep rute yang akan dilalui oleb bus sekolah ini meliputi Terminal Jompo menyusur Jalan Sungkono, melewati Depan pasar Segamas, menuju Jalan Babakan atau Jalan Letnan Yusuf. Kemudian melewati perempatan Karangsentul ke kanan melalui SMA Negeri 1 Purbalingga sampai Alun-Alun Purbalingga.

“Selanjutnya kita lewatkan bus sekolah ini ke jalan-jalan yang ada di situ yang terdapat sekolah-sekolah, konsepnya seperti itu tapi untuk operasional sendiri nanti kami akan minta masukan dari Organda,” lanjut Imam.

Fasilitas bus ini juga menurut Imam, cukup nyaman digunakan oleh pelajar yang ada di kabupaten Purbalingga. Fasilitas bus sendiri terdapat full AC, full Music kemudian ada sabuk pengaman di semua tempat duduknya.

“Safety belt di semua tempat duduk dalam bus ini bisa dijadikan sebagai media pembelajaran juga bahwa naik mobil juga harus mengenakan sabuk pengaman,” tambahnya.

Imam menyakini, bus sekolah di Purbalingga nantinya diharapkan dapat membantu utamanya siswa yang kurang mampu. Selain itu juga mengurangi pelanggaran yang dilakukan oleh pelajar yang belum waktunya untuk membawa sepeda motor.

“Dan membiasakan pelajar untuk naik angkutan umum ke sekolah, dengan demikian bisa mengurangi kepadatan dan kemacetan lalu lintas di Purbalingga,” jelas Imam.(yoga tri cahyono)

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!