Menu
Media Online Terpercaya

Pemkab dan Kejari Purbalingga Perpanjang MoU Bidang Perdata dan TUN

  • Share
Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi  bersama Kepala Kejaksaan Negeri Purbalingga, Lalu Syaifudin menandatangani Nota Kesepakatan Kerja Sama di Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, Kamis (20 Mei 2021) di Pendopo Dipokusumo.

Bantuan Hukum

Ia merinci, kerjasama ini mencakup meliputi Bantuan Hukum, Pertimbangan Hukum dan Tindakan Hukum Lainnya di Bidang Hukum Perdata dan Tata Usaha Negara. Ada banyak hal yang bisa dikerjasamakan antara Pemkab dengan Kejaksaan Negeri, salah satunya mediator pengembalian aset Negara.

“Dalam hal peningkatan Pendapatan Asli daerah (PAD), kami juga punya kewenangan mendampingi atau menerima kuasa dalam rangka melakukan penagihan atau mengoptimalkan PAD,” katanya.

Ia menambahkan. saat ini kerjasama yang sering berlangsung yakni legal asistensi. Dari 224 desa, sudah ada 124 desa yang sudah damping Kejaksaan Negeri. Selain itu juga sudah ada 7 OPD yang sudah meminta pendampingan untuk kegiatan 2021.

“Itulah perlunya Jaksa Pengacara Negara (JPN), karena mencegah lebih baik daripada mengobati, preventif lebih baik daripada represif. JPN ini adalah fungsinya menghindarkan terjadinya kesalahan yang berdampak pada sanksi pidana atau menyebabkan terjadinya sengketa,” ungkapnya.

Writer: Rilis Humas dan Protokol PurbalinggaEditor: Mahendra Yudhi Krisnha
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.