Menu
Media Online Terpercaya

Pemilu dan Pilkada 2024 Belum Final

  • Share
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra

Jadwal penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah 2024 yang telah disepakati DPR, pemerintah, dan penyelenggara pemilu belum bersifat final.

“Poin-poin kesepakatan di atas merupakan kesepakatan awal,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra dalam keterangan tertulis, Sabtu (5 Juni 2021).

Ilham menjelaskan, kesepakatan tersebut merupakan hasil rapat konsinyering antara KPU, Badan Pengawas Pemilu, Kementerian Dalam Negeri, dan Komisi II DPR. Konsinyering, kata Ilham, merupakan forum bersama para pihak tersebut untuk mempersiapkan perencanaan dan tahapan Pemilu dan Pilkada 2024.

“Rencananya akan dilaksanakan beberapa kali rapat konsinyering, dan poin-poin tersebut dihasilkan dari rapat konsinyering pertama,” ujar Ilham.

Ia menuturkan, keputusan resmi mengenai jadwal penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada 2024 akan diambil melalui pleno KPU dan akan dikonsultasikan dengan pemerintah dan DPR saat KPU mengajukan rancangan peraturan KPU tentang tahapan, program, dan jadwal pemilu.

“Pada forum itulah KPU akan mengajukan usulan final terkait hari pemungutan suara, lama waktu persiapan, kapan mulai pendaftaran parpol, berapa lama masa kampanye, dan lain-lain,” kata Ilham.

Sebelumnya, Komisi II DPR bersama pemerintah dan penyelenggara pemilihan umum telah menyepakati hari pemungutan suara Pemilihan Umum 2024 (Pemilu Presiden dan Legislatif) akan jatuh pada Rabu (28 Februari2024) sedangkan hari pemungutan suara Pilkada Serentak 2024 jatuh pada Rabu (27 November 2024).

 

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *