Pembuatan Antologi Cerkak Penginyongan

By: On: Dibaca: 109,335x
Pembuatan Antologi Cerkak Penginyongan

inyong-asli-55f00f4a2bb0bdd925c66155

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Jawa SMP Kabupaten Purbalingga bekerja sama dengan Komunitas Teater dan Sastra Perwira (Katasapa) berencana membuat buku antologi cerita pendek berbahasa Penginyongan (cerkak).

Rencananya buku tersebut akan diluncurkan Desember mendatang bertepatan dengan Hari Jadi ke-196 Kabupaten Purbalingga.Ketua MGMP Bahasa Jawa Kabupaten Purbalingga, Prasetyo, Senin (7/11) mengemukakan, pembuatan antologi ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Bengkel Sastra yang digelar beberapa waktu lalu. Dalam kegiatan tersebut, para a guru bahasa Jawa SMP mendapat materi membuat cerkak dari sejumlah sastrawan.

“Mereka juga praktik membuat cerkak. Nah, cerkak karya mereka itu yang akan kami bukukan menjadi antologi bersama, ada sekitar 60 karya. Selain itu kami juga mengundang penulis lain untuk ikut bergabung dalam antologi ini,” kata guru Bahasa Jawa SMP 1 Bukateja ini saat ditemui di sekolahnya.

Sedangkan untuk penulis di luar MGMP Bahasa Jawa SMP, Prasetyo mengatakan, terbuka untuk siapa saja, selama yang bersangkutan berdomisili dan menunjukkan KTP Kabupaten Purbalingga. Nah, cerkak dari penulis luar akan dikoordinasikan oleh Komunitas Katasapa.

Sekretaris Komunitas Katasapa Purbalingga, Agustav Triono mengatakan, persyaratan teknis cerkak dari penulis luar yaitu, cerkak harus berbahasa Penginyongan dan bertemakan bebas namun lebih diutamakan mengangkat lokalitas Purbalingga. Adapun format penulisan, ukuran kertas A4, margin normal, spasi 1,5, font Times New Roman, size font 12, maksimal 4 halaman.

Penulis mencantumkan biodata singkat dan melampirkan foto close-up dengan gaya santai. Naskah tersebut kemudian dikirim dengan format CERKAK-NAMA PENULIS ke email panitia di agustav_3ono@yahoo.com cc ryanrachman85@gmail.com. Dengan Batas waktu pengiriman cerkak 30 November 2016.(mahendra yudhi krisnha)

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!