by

Pelaku Sejarah Purbalingga, Tri Daya Kartika: Pancasila telah teruji menyatukan bangsa

-Pendidikan, Update-dibaca 2.46Rb kali | Dibagikan 139 Kali

Semangat menjaga pemikiran Bung karno perlu ditumbuhkembangkan. Pancasila yang digagas oleh  ini adalah hasil penggalian sebuah pemikiran yang komprehensif bangsa. Pancasila telah teruji menyatukan bangsa dan mampu menghadapi berbagai ujian contohnya pasca peristiwa tahun 1965.

“Dalam perjalanannya, bangsa ini mengalami dinamika yang tidak sederhana. Tapi saya meyakini hanya dengan Pancasila kita bangsa Indonesia yang majemuk akan kuat dan mampu menjawab tantangan yang ada,” tutur pelaku sejarah di Purbalingga, Tri Daya Kartika kepada cyber media lintas24.com, Selasa (23 Juni 2020)

Tri Daya masing sangat hapal menceritakan perjalanan bangsa ini termasuk yang ada di Kabupaten Purbalingga. Tridaya menceritakan perjalanan bangsa ini memang penuh dengan dinamika namun dirinya meyakinkan dengan Pancasila, bangsa ini akan kuat dan bisa terus bersatu menghadapi tantangan yang ada.

“Saya berharap generasi muda khususnya di Purbalingga untuk concern pada sejarah. Serta memegang teguh Pancasila sebagai falsafah pandangan hidup bernegara,” imbuhnya.

Pria kelahiran tahun 1947 ini menyaksikan berbagai peristiwa bersejarah yang ada di Indonesia khususnya di Purbalingga. Dari hal tersebut, dia menggaris bawahi yang mendewasakan bangsa ini adalah sebuah pengalaman yang panjang dari dinamika yang ada. Dirinya membuka pintu lebar bagi generasi muda Purbalingga yang ingin berdiskusi tentang sejarah Purbalingga.

“Datang saja kesini (Jalan S. Parman 24 Bancar Purbalingga). Bawa saja keranjang kosong. Nanti saya isi dengan pengetahuan-pengetahuan yang bisa membangkitkan semangat menjaga Pancasila,” tuturnya

 

 

Comment

Berita Lainnya