by

Pegelaran Seni dan Pelepasan Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Mrebet – Siswa Kreatif Pasti Terlahir Dari Guru Kreatif

-Pendidikan-dibaca 115.22Rb kali | Dibagikan 64 Kali

 

10

SMP Negeri 1 Mrebet Purbalingga melepas  276 orang siswa kelas IX dalam acara yang dikemas bertajuk Pegaleran Seni dan Pelepasan Siswa Kelas IX, Sabtu, (21 Mei 2016), di halaman sekolah setempat.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (DIkdas) pada Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Purbalingga, Ketua dan pengurus Komite Sekolah, Camat, Danramil serta Kapolsek Mrebet.

Kemeriahan kegiatan ini sekaligus menjadi ajang “Cuci Gudang” bagi siswa untuk menampilkan karya seni budaya. Hal itu terlihat sejak awal acara hingga akhir gelaran pelepasan siswa, semua kegiatan di isi sepenuhnya oleh seluruh siswa SMP Negeri 1 Mrebet.

Ketua Panitia, Hj. Siti Zuharoh menjelaskan, pagelaran seni yang di laksanakan memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu akademi dengan perpaduan unsur seni budaya.

“Seni budaya tak bisa di pisahkan dari ilmu pengetahuan. Untuk itu, kami mendukung sekali adanya pertunjukan seni yang di tampilkan para siswa karena hal ini merupakan salah satu unsur akademi yang harus di pertahankan kata Siti yang juga Guru Pendidikan Agama Islam.

Dalam sambutannya, Kabid Dikdas Dindik Kabupaten Purbalingga, Sarjono mengungkapkan, Berbicara tentang kualitas diri, ada dua kontur yang berkaitan erat. Pertama, kualitas intelektual yang berkenaan dengan aspek akademis, dan yang kedua ialah kecakapan humanis sebagai konsekuensi dari pendidikan karakter yang dewasa ini harus diperhatikan secara lebih serius. Pada tataran ini, peranan guru dalam memberdayakan kualitas peserta didiknya. Artinya, keberhasilan seorang siswa niscaya tak lepas dari gurunya. Guru memainkan peranan penting dalam episentrum pengembangan kualitas diri siswa.

“Siswa yang kreatif pasti terlahir dari guru yang kreatif,”tegas Sarjono.

Sementara Kepala Sekolah, Wagito menjelaskan,  Tahun ini lanjut Siti, SMP Negeri 1 Mrebet melepas 276 siswa dari total siswa 820 yang berada dalam 24 rombongan belajar (rombel).Pelaksanaan  perpisahan ini merupakan salah satu cara untuk memotivasi siswa untuk lebih kreatif menampilkan keterampilan yang di miliki di samping prioritas utama sehari – hari.

“Iini harus dijadikan motivasi, karena saya ingin para siswa setelah keluar dari sekolah ini memiliki bakat yang harus di kembangkan, di samping tugas pokok mereka agar terus belajar,” ungkap Wagito.

Antara bakat dan prestasi, tutur Wagito, jika di tekuni akan menjadi pemacu semangat siswa untuk di jadikan kebanggaan sekolah serta orang tua. Sebab menurutnya, masa – masa SMP menjadi cikal – bakal berkembangnya talenta siswa.

“Bakat jika di padukan dengan prestasi akan menjadi modal untuk masa depan siswa. Apa lagi mereka dalam masa – masa transisi, talentanya pun masih terus berkembang,” ungkapnya.

Acara tambah meriah dengan unjuk kebolehan dari para siswa yang tergabung dalam ekstra kukrikuler Teater Kembang SMP N 1 Mrebet  yang mengangkat judul “Taman Rebutan” hasil besutan Sutradara Ica Berliana.

Comment

Berita Lainnya