Patung Soedirman Seharusnya di Depan Makodim Purbalingga

By: On: Dibaca: dibaca 136.23Rbx
Patung Soedirman Seharusnya di Depan Makodim Purbalingga

ilustrasi_patung pacitan

 

Rencana Pemerintah Kabupaten Purbalingga membangun kembali patung Panglima Besar Jenderal Soedirman yang roboh beberapa waktu lalu, mendapatkan tanggapan positif dari berbagai pihak. Namun sebagian ada yang mengusulkan agar lokasi pembangunan patung tersebut dipindah.

Keterangan yang berhasil dihimpun lintas24.com, Minggu (17/1) menyebutkan sebagaian warga menyetujui pembangunan dilakukan di lokasi patung tersebut berada yaitu di perempatan jalan Mayjen Sungkono. Namun sebagian menginginkan agar lokasi patung diubah, yaitu di Jalan Jenderal Soedirman.

“Kami mengusulkan pembangunannya di depan Makodim 0702 Purbalingga yang masih masuk Jalan Jenderal Soedirman,” kata Camat Kalimanah, Bambang Sukendro.

Menurutnya lokasi tersebut lebih tepat. Pasalnya patung tersebut nantinya akan berada di jalan yang sesuai dengan patung tersebut berada. Dia telah menyampaikan usulan tersebut kepada Danrem 071 Wijayakusuma Kolonel Inf Dwi Wahyu Winarto dan Penjabat Bupati Budi Wibowo.

“Kami berharap pembangunan juga bisa dilakukan seceparnya. Karena patung tersebut merupakan kebanggan warga Purbalingga,” ujarnya.

Penjabat Bupati Purbalingga Budi Wibowo membenarkan mengenai adanya perdebatan terkait pembangunan kembali patung Soedirman. Perdebatan pertama menyangkut sosok patung. Ada yang mengusulkan sosok patung diubah menjadi sosok Soedirman dengan naik kuda. Namun ada pula yang mengusulkan masih dengan sosok lama.

“Ini akan menjadi bahan masukan bagi kami. Bagaimanapun masukan masyarakat perlu diapresiasi,’ ujarnya.

Perdebatan berikutnya adalah terkait lokasi patung tersebut. Memang ada yang mengusulkan agar patung tersebut dipindah ke Jalan Soedirman. Namun ada pula yang mengusulkan agar pembangunannya tetap di lokasi semula. Karena lokasi semula merupakan pintu masuk ke kota Purbalingga.

“Jadi patung tersebut akan menjadi ikon bagi kota Purbalingga,” ungkapnya.

Seperti diberitakan, Patung Panglima Besar Jenderal Soedirman yang berlokasi di perempatan Jalan Mayjen Sungkono dengan Jalan Letnan Yusuf dan Jalan Soekarno-Hatta, tiba-tiba roboh, Minggu (3/12) kira-kira pukul 09.30. Beruntung, patungitu tidak menimpa pengendara yang melintas.

Patung tersebut berdiri tepat di tengah perempatan depan Polres Purbalingga, Terminal Purbalingga dan Rumah Sakit Harapan Ibu (RSHI). Jalan tersebut merupakan jalan utama dari arah Purwokerto maupun Wonosobo.

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!