Pasca Idul Fitri, Pemohon Adminduk Padati Dindukcapil

By: On: Dibaca: 677,620x
Pasca Idul Fitri, Pemohon Adminduk Padati Dindukcapil

Pasca libur Idul Fitri 1439 H/2018 M, semakin banyak masyarakat yang mengurus administrasi kependudukan (adminduk) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Purbalingga. Hal ini sudah terpantau sejak selasa pagi (26/6) baik di halaman Dindukcapil Kabupaten Purbalingga maupun di ruang tunggu pelayanan Dindukcapil.

Kepala Dindukcapil Kabupaten Purbalingga, Imam Sudjono mengatakan banyaknya pemudik dan pendatang ke Kabupaten Purbalingga yang memanfaatkan waktu untuk mengurus dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga (KK), KTP Elektronik maupun Surat Pindah Datang Antar Daerah. Selain itu, menjelang penerimaan murid baru juga menjadi salah satu alasan penduduk mendatangi Dindukcapil Kabupaten Purbalingga.

“Jelang penerimaan siswa baru, banyak warga yang merubah KKnya baik untuk merubah KK dari format yang lama ke format yang terbaru maupun ada pemecahan KK,” kata Imam saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (26/6).

Terkait membludaknya pemohon adminduk di Dindukcapil Purbalingga, Imam mengatakan kurang terantisipasi masalah sarana prasarana. Ke depan menurutnya hal ini akan lebih diperhatikan kembali guna memberikan pelayanan yang optimal bagi masyarakat Purbalingga.

“Ya mudah-mudahan ke depan nanti bisa kita antisipasi lagi sehingga bisa ada tempat duduk bagi para warga yang mau minta pelayanan di Dindukcapil,” terangnya.

Imam menjelaskan hari-hari biasa pemohon adminduk bisa mencapai 300 hingga 350 pemohon per harinya. Sedangkan pada selasa siang (26/6) terhitung sudah mencapai 700 penduduk yang berdatangan mengurus adminduk.

“Hari-hari biasa itu walaupun mencapai 300an yang mengurus administrasi tidak sampai ada yang berdiri lama, hanya ini karena saat membludak sehingga masyarakat sampai berdiri untuk menunggu antrian,” ungkap Imam.

Adanya penduduk yang melakukan mutasi pada administrasi penduduknya dan perubahan data, hal tersebut yang membutuhkan waktu pelayanan yang cukup lama. Imam mengimbuhkan ini yang menimbulkan antrian agak lama sehingga membuat ruang tunggu pelayanan tidak cukup mampu menampung masyarakat.

“Ruang tunggu kita sebetulnya ini sudah cukup, karena barangkali banyak pemudik-pemudik yang memanfaatkan waktu pulangnya untuk mengurus data kependudukan,” paparnya.

Lain hal, ia pun menyampaikan pelayanan Dindukcapil Purbalingga pada saat libur Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018 tetap buka. Dindukcapil Purbalingga dan Kecamatan di seluruh wilayah Purbalingga tetap melayani perekaman dan pencetakan E-KTP atau Surat Keterangan.

“Jadi tahun ini kan tahun politik ada pilgub, paling tidak ini terselesaikan untuk persiapan pilgub. Kita betul-betul optimal dan konsisten dari awal tahun sampai sekarang, kita juga sudah melakukan jemput bola sampai ke desa-desa,” ungkap Imam

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!