Partai Gerindra Purbalingga Gelar Festival Kuda Kepang

By: On: Dibaca: 9,153x
Partai Gerindra Purbalingga Gelar Festival Kuda Kepang

 

Daalam Rangka , HUT Ke-10 Tahun 2018

Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Partai Gerindra Purbalingga, Minggu (11/2) menggelar Festival Kuda Kepang yang ditampilkan di Pasar Segamas, Kecamatan Kalikabong, Kecamatan Kalimanah. Penyelenggaraan Festival Kuda Kepang atau yang memiliki sebutan lokal “Ebeg” ini merupakan wujud pelestarian budaya lokal.

Festival Kuda Kepang tersebut diikuti oleh 10 grup kesenian, yaitu Dwi Rahayu dari Toyareka, Sekar Lenggeng Lestari dari Karangmoncol, Teja Laras dari Pengadegan, Sekar Melatih dari Kalimanah, Turonggo Seto dari Bancar, Kencoro Marga dari Kejobong, Satria Kinanyungan dari Kertanegara, Turonggo Sari Muda dari Bumisari, Randu Kusuma dari Kaligondang, dan Mekar Turangga Jati dari Bukateja.

“Kami dari DPC Partai Gerindra bersama para seniman memilih menggelar kesenian kuda lumping ini, karena memang tontonan masyarakat yang memiliki antusias tinggi, sambil nguri-uri budaya adiluhung bangsa kita,” kata Ketua DPC Partai Gerindra Purbalingga, Adi Yuwono kepada lintas24.com.

Untuk memberi apresiasi dan memacu semangat para seniman Ebeg ini, DPC Partai Gerindra juga memperlombakan mereka dalam adu performa yang atraktif. Hadiah yang disediakan yaitu Juara I akan mendapatkan tropi dan uang pembinaan sebesar Rp 2.500.000, -, Juara II akan mendapatkan tropi dan uang pembinaan sebesar Rp 2.000.000, -, Juara III akan mendapatkan tropi dan uang pembinaan sebesar Rp 1.500.000,-.

“Kami pengurus Partai Garindra memperlombakan seni ebeg menjadi, selain menguri-uri budaya juga supaya lebih berkembang lagi. Sebab seni ebeg ini juga menjadi memiliki makna filosofis sebagai tontonan, tuntunan dan tatanan budi pekerti masyarakat serta mendorong agar seni ebeg menjadi lebih dikenal lagi syukur bisa mendunia,” ujarnya.

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Purbalingga Tasdi, didampingi wakilnya Dyah Hayuning Pratiwi,  Kepala Kantor Kesbangpol Purbalingga Mohammad Najib, Ketua DPC Partai Gerindra Purbalingga Adi Yuwono beserta Pengurus DPC, para anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Kabupaten Purbalingga, Ketua dan Pengurus PAC, Ranting Partai Gerindra se-Kabupaten Purbalingga, grup kesenian kuda kepang, serta kader dan simpatisan Partai Gerindra Kabupaten Purbalingga.

Adi Yuwono juga dalam sambutannya, mengucapkan selamat kepada Bupati Purbalingga H Tasdi SH MM yang telah memperoleh penghargaan dari LKNI (Lembaga Kebudayaan Nasional Indonesia).

“Saya mengucapkan selamat kepada Bapak Tasdi yang pada tanggal 29 Januari lalu, memperoleh penghargaan dari LKNI karena selama ini telah mengangkat dan melestarikan kebudayaan Indonesia, khususnya kebudayaan Jawa. Untuk itu sebagai wujud membantu program pemerintah dalam pelestarian budaya, kami mengadakan Festival Kuda Kepang ini” kata Adi. (Ganda Kurniawan)

 

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!