Panel Surya Menjadi Pelita di Tapak Perkemahan Kontingen Kwarcab Jepara

By: On: Dibaca: dibaca 71.39Rbx
Panel Surya Menjadi Pelita di Tapak Perkemahan Kontingen Kwarcab Jepara

Menyusuri tapak demi tapak perkemahan kontingen Jambore Daerah (Jamda) XV Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah di Bumi Perkemahan Mustika Blora. Kreatifitas para peserta utusan 35 Kwarcab se Kwarda Jawa Tengah dan 16 Kwartir Ranting di Blora sejumlah 1.688 orang mengundang decak kagum.

Ya, diantaranya tapak perkemahan kontingen Kwarcab Jepara. Tapak perkemahan ini memang terlihat lebih kekinian dan menjadi satu-satunya yang menggunakan panel surya untuk sumber listrik di tapak perkemahannya. Peralatan tersebut merupakan inventaris dari Unit Bantuan Pertolongan Pramuka (Ubaloka) Kwarcab Jepara.

Panel surya merupakan alat yang terdiri dari sel surya yang dapat digunakan untuk mengubah cahaya menjadi listrik. Sel surya ini perlu dilindungi dari kelembaban dan kerusakan yang bisa saja terjadi. Hal ini dilakukan agar tidak merusak efisiensi panel surya secara signifikan dan agar tidak menurunkan masa pakainya.

“Panel surya memanfaatkan energi matahari, dan matahari adalah sumber energi tak berbayar. Panel surya termasuk ramah lingkungan karena tidak memancarkan emisi gas rumah kaca yang berbahaya, seperti karbon dioksida. Panel surya juga tidak memberikan kontribusi terhadap perubahan iklim,” tutur Kak Ika, Pimpinan Kontingen (Pinkon) Putri Kwarcab Jepara

Alasan mengapa kontingen ini menggunakan solar cell yakni untuk pengganti bahan bakar solar untuk mesin diesel yang pada umumnya ada di perkemahan. Selain hemat bahan bakar, solar cell ini juga tidak berisik seperti diesel yang mengganggu ketenangan sekitar dan bahkan bisa menyebabkan polusi. Sistem kerja panel surya ini mirip seperti aki, yaitu untuk menyalurkan listrik.

“Kelemahan dari panel surya ini, hanya dapat digunakan untuk penerangan saja yang memiliki daya watt kecil, lampunya pun khusus, dan juga belum bisa untuk tambahan stop kontak,” imbuhnya.

Dalam Jambore Daerah (Jamda) XV Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah yang berlangsung Senin (26 Agustus 2019) hingga berakhir Sabtu (31 Agustus 2019), di Bumi Perkemahan Mustika Blora menyajikan sebanyak 8 zona kegiatan, yakni Zona Integritas, Zona Kekinian, Zona Budaya, Zona Pengetahuan dan Wawasan, Zona Pramuka Peduli, Zona Adventure, Zona Scouting Skills dan Anggota Dewasa. (Dina Nur Afifah ISJ#1167 dan Kak Rico Febrian ISJ #1122)

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!