by

Pandemi Covid-19, Rapat Paripurna DPRD Purbalingga Daring Live Instagram

-Politik, Update-dibaca 6.82Rb kali | Dibagikan 17 Kali

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Purbalingga mengambil sebuah kebijakan baru, yakni menyiarkan secara langsung setiap kegiatan rapat paripurna yang dilakukan  melalui sosial media instagram dan siaran radio. Terutama rapat paripurna yang berkaitan dengan kebijakan publik dan bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Ada beberapa alasan mengapa  kebijakan ini diambil, Pertama, situasi pandemi Covid-19 yang tidak mendukung adanya tatap muka. Untuk mencegah penyebaran virus Korona, kebijakan ini sangat tepat untuk diterapkan. Akan tetapi, peserta yang hadir akan dibatasi sesuai protokol kesehatan yang berlaku. Kedua, masyarakat bisa memantau tingkat kehadiran anggota DPRD.

Ketua DPRD Purbalingga, Bambang Irawan menyampaikan, langkah itu diambil mulai agenda rapat paripurna hari ini. Ada tiga agenda yang dilaksanakan. Masing-masing Penandatanganan Nota Kesepakatan Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) Perubahan Tahun Anggaran 2020, serta Penyampaian Raperda Tentang APBD Perubahan Tahun Anggaran 2020.

“Masyarakat bisa menyaksikan rapat paripurna tersebut secara live. Baik melalui live streaming yang kami sediakan, siaran radio dan juga live di Instagram (IG),” katanya kepada media siber lintas24.com, Rabu (5 Agustus 2020).

Ia menuturkan, banyak hal positif yang bisa diambil dengan disiarkannya rapat paripurna tersebut secara langsung. Dirinya sebagai Ketua Dewan sekaligus Pimpinan Sidang, sebelum dilaksanakannya rapat ia akan melakukan absen kepada masing-masing anggota dewan.

“Sehingga ketika disiarkan live, masyarakat bisa tahu anggota dewan yang hadir dan yang tidak hadir,” ungkapnya.

Ia pun menambahkan, pelaksanaan rapat paripurna secara langsung tersebut akan terus dilaksanakan pada agenda-agenda terbuka untuk kebijakan publik. Diharapkan kebijakan ini dapat memberikan dampak positif untuk mendukung kinerja anggota legislatif.

“Di era keterbukaan publik saat ini, masyarakat juga punya hak untuk mengetahui kiprah wakil rakyat,” imbuhnya.

Editor : Rizky Riawan Nursatria (mg)

Comment

Berita Lainnya