by

Operasi Sikat Jaran Candi Polres Purbalingga Gulung Tujuh Maling Motor

-kriminal, Update-dibaca 9.08Rb kali | Dibagikan 45 Kali

Dalam Operasi Sikat Jaran Candi 2020, Polres Purbalingga berhasil meringkus tujuh pelaku pencurian sepeda motor. Masing-masing tersangka yaitu SH (35) dan SRT (37) warga Desa Onje Kecamatan Mrebet, STW (34) HDS (32) warga Desa Losari Kecamatan Rembang serta SKH (28) warga Desa Makam, Kecamatan Rembang. Kelima ini beroperasi di beberapa lokasi.

Kemudian, tersangka yang dari luar daerah yaitu BF (46) warga Desa Pasirmuncang, Kecamatan Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas dan WR (32) warga Desa Jenang, Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap. Kedua pelaku ini beraksi di perkantoran wilayah Kecamatan Pengadegan, Kabupaten PurbaIingga

“Dalam Operasi Sikat Jaran Candi, kami berhasil mengungkap lima kasus tindak pidana curat (pencurian dengan pemberatan-red) dengan kerugian korban berupa sepeda motor. Ada tujuh tersangka yang kami amankan,” kata Kapolres Purbalingga, AKBP Muchammad Syafi’ Maulla didampingi Kabag Ops Kompol Pujiono dan Kasatreskrim AKP Meiyan Priyantoro saat konferensi pers, Senin (3 Agustus 2020).

Kapolres menjelaskan bahwa Operasi Sikat Jaran Candi dilaksanakan selama 20 hari terhitung mulai tanggal 6 sampai dengan 20 Juli 2020. Selama pelaksanan operasi ada lima kasus yang berhasil diungkap dengan tujuh tersangka yang berhasil diamankan berikut barang buktinya.

“Sebenarnya, dalam operasi ini kami ada empat target operasi dan seluruhnya bisa diungkap. Alhamdulillah, kami juga ungkap satu kasus lain di luar target operasi itu sendiri,” katanya.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan dari para tersangka diantaranya enam sepeda motor hasil kejahatan dan yang digunakan sebagai alat kejahtan. Kemudian dua laptop, dua LCD monitor, sebuah papan ketik komputer, dua buah helm, sebuah handphone dan sebuah tas perempuan.

Kini para tersangka mendekam di tahanan Polres Purbalingga. Mereka terancam dipenjara paling lama tujuh tahun. Polisi menjeratnya dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan.

Lebih lanjut, Kapolres mengimbau kepada masyarakat untuk lebih waspada terhadap kasus pencurian sepeda motor. Pastikan sepeda motor diparkir dalam keadaan terkunci dengan aman.

“Parkirkan di tempat yang bisa diawasi, gunakan kunci pengaman ganda. Hal itu akan mencegah terjadinya curanmor,” katanya.

Comment

Berita Lainnya