by

Obyek Wisata Goa Lawa Purbalingga Siap Manjakan Wisatawan Saat Masa New Normal

Pengelola obyek wisata alam Goa Lawa Purbalingga (Golaga) telah siap memanjakan wisatawansaat new normal untuk  menikmati keindahan goa seluas 6.683 meter persegi dengan panjang mencapai 1.200 meter.

Manager Golaga, Bambang Adi menuturkan, pihaknya  sudah menyiapkan 8 tempat cuci tangan portable di pintu masuk. Sistem kerjanya otomatis dengan menggunakan pedal kaki.

“Jika pengunjung menginjak pedal kanan akan keluar sabun dan menginjak pedal kiri akan keluar air,” tuturnya seperti dikutip cyber media lintas24.com dari kuasakata.com, Selasa (9 Juni 2020).

Ia menyampaikan, protokol kesehatan lainnya juga disiapkan untuk menyambut kehadiran pengunjung. Termasuk melakukan pengecekan suhu tubuh pengunjung yang hendak masuk ke obyek wisata alam itu. Sedangkan untuk mengantisipasi penumpukan pengunjung, pihaknya akan mendata jumlah maksimal pengunjung yang masuk.

“Jadi ada data pengunjung yang masuk dan keluar. Dengan area yang luas kami optimis pengunjung tidak akan berdesakan dan berkerumun,” tuturnya.

Ia menyampaikan, pihaknya siap menjadi obyek wisata percontohan di Jateng yang menerapkan protokol kesehatan. Kesiapan itu sudah disampaikan kepada Pemkab.  Rencananya jika pengunjung bertambah, pihaknya juga akan menambah tempat cuci tangan terutama bagi anak-anak.

Obyek wisata Golaga merupakan salah satu destinasi wisata alam yang menjadi andalan Kabupaten Purbalingga, selain Obyek Wisata Air Bojongsari (Owabong) dan  Taman Akuarium Purbasari. Lokasinya di kawasan pegunungan membuat banyak pengunjung yang tertarik untuk datang.

Bupati Dyah Hayuning Pratiwi dalam kesempatan terpisah menyampaikan, sudah tiga bulan obyek wisata di Purbalingga tutup. Padahal sektor pariwisata merupakan salah satu pemasok Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Saya juga diminta oleh pelaku pariwisata untuk segera membuka obyek wisata di Purbalingga,” ungkapnya.

Ia menyampaikan obyek wisata harus menerapkan protokol kesehatan di masa normal baru. Pihaknya memberikan apresiasi kepada pengelola Golaga yang sudah mulai menerapkannya. Dia juga sudah melakukan pengecekan terhadap sejumlah obyek wisata di Purbalingga.

“Mengenai pembukaan obyek wisata kami menunggu regulasi dari pemerintah provinsi dan pusat,” katanya.

 

 

Comment

Feed Berita