Nurhudati Purnaningsih – Membaca Itu Menyenangkan

By: On: Dibaca: 30,049x
Nurhudati Purnaningsih – Membaca Itu Menyenangkan

 

Banyak manfaat yang kita peroleh dari membaca. Ilmu dapat kita raih dengan belajar. Hal yang paling mudah yang kita lakukan untuk mengembangkan keterampilan belajar salah satunya dengan membaca.

Karena membaca dapat membuka cakrawala,dapat menambah pengetahuan dan pengalaman cakrawala berpikir. Bahkan dengan sering membaca kita akan menjadi seorang yang kreatif, aktif, dan kritis. Saat kita tidak mengetahui sesuatu menjadi tahu.

“Membaca mungkin suatu kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang yang gemar membaca. Banyak pula sebagian orang mengatakan bahwa membaca itu sesuatu hal yang membosankan. Itu pun bagi orang yang tidak suka membaca,”ungkap Nurhudati Purnaningsih yang akrab dipanggil Naning.

Maka dari itu mulai dari sekarang harus belajar mencintai membaca lanjut Guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Purbalingga. Jangan anggap kegiatan membaca itu membosankan, tapi jadikanlah membaca itu hal yang menyenangkan. Dan jangan pernah berhenti untuk membaca. Karena buku itu adalah sumber ilmu pengetahuan.

“Tidak ada kata terlambat untuk melakukan sesuatu yang baik, maka mulai dari sekarang, dari diri kita sendiri,”ungkap Perempuan kelahiran Sragen 18 Desember 1981

Lulusan Jurusan Sastra Indonesia dan Deerah UNS tahun 2005 menyakini untuk membangkitkan dan meningkatkan minat baca dapat dimulai dari keluarga. Jika keluarga sudah gemar membaca, maka itu sudah memberi contoh yang baik.

“Karena buku adalah gudangnya ilmu dan membaca adalah kuncinya,”ungkap Naning yang pernah mengajar di SMP Negeri 2 Pengadegan.

Sedangkan untuk menggairahkan minat baca imbuh Naning, perlu diciptakan berbagai cara lagi. Yaitu dengan menciptakan kebiasaan membaca. Mendirikan sudut-sudut baca di dalam rumah sendiri, karena itu mudah diakses oleh seluruh anggota keluarga sehingga menjadi suatu kebutuhan.

“Bagi yang gemar membaca, di dalam bacaan terdapat berbagai informasi dan pengetahuan. Merupakan suatu hiburan, terutama jika kita membaca topik-topik yang kita sukai,”ungkap juara 1 Olimpiade Guru Nasional 2018 tingkat Kabupaten Purbalingga.

Untuk meningkatkan minat kunjungan anak didik ke perpustakaan sekolah. Naning menyakini, Guru memegang peranan yang sangat penting dalam memberikan motivasi atau semangat pada anak didik untuk membaca.

“Guru diharapkan bisa merancang sebuah proses kegiatan pembelajaran yang mendorong siswa untuk datang ke perpustakaan, karena perpustakaan merupakan sarana yang tepat untuk meningkatkan pengalaman membaca bagi siswa,”ungkapnya. (mahendra yudhi krisnha)

 

 

 

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!