Mulai Hari Ini, Biaya Pengurusan Surat Kendaraan Naik

By: On: Dibaca: 532,534x
Mulai Hari Ini, Biaya Pengurusan Surat Kendaraan Naik

stnk_bpkb

Mulai 6 Januari 2017 secara serentak di seluruh Indonesia biaya pengurusan surat kendaraan naik hingga tiga kali lipat dibanding yang sebelumnya. Hal ini karena terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB) menggantikan peraturan lama, PP Nomor 50 Tahun 2010 tentang hal sama.

Isi PP itu mengatur biaya baru untuk pengurusan surat-surat kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat oleh Polri secara nasional. Ada penambahan tarif pengurusan, antara lain pengesahan STNK, penerbitan nomor registrasi kendaraan bermotor pilihan, dan surat izin serta STNK lintas batas negara.

Sebut saja untuk penerbitan STNK roda dua maupun roda tiga, pada peraturan lama hanya membayar Rp 50.000, peraturan baru naik jadi Rp 100.000. Untuk roda empat, dari Rp 75.000 jadi Rp 200.000.

Kenaikan cukup besar terjadi di penerbitan BPKB baru dan ganti kepemilikan (mutasi). Roda dua dan tiga yang sebelumya Rp 80.000 naik menjadi Rp 225.000. Mutasi roda empat yang tadinya Rp 100.000 melonjak tiga kali lipat jadi Rp 375.000.

Kasatlantas Polres Purbalingga, AKP Sukarwan, Kamis (5/1) didampingi Kanit Regident Satlantas Polres Purbalingga, Iptu Aan Hariyawan dan Kepala UP3AD/Samsat Purbalingga, Dwi Rahardjo Cahyo Buwono mengatakan, kenaikan tarif tersebut sifatnya menyeluruh di Indonesia, jadi aturan itu harus ditaati.

“Selain itu, pengesahan STNK sekarang juga dikenakan biaya. Tadinya memang gratis, tapi dengan aturan baru dikenai biaya Rp 25.000 untuk roda dua atau tiga dan Rp 50.000 buat roda empat atau lebih,” katanya.

Adapun mereka yang telah mendaftarkan kendaraannya untuk diurus surat-suratnya pada Desember dan sebelum peraturan itu ditetapkan, dimana masih wilayah Jawa Tengah, namun prosesnya belum rampung, tarif yang akan dikenakan masih menggunakan tarif lama hingga Februari mendatang.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!