by

Mulai 10 Juni 2020, Kabupaten Sragen Terapkan New Normal

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen mengimbau agar masyarakat bersiap memasuki tatanan kehidupan sosial yang baru atau lazim dikenal new normal. Pasalnya, tatanan hidup “berdampingan” dengan COVID-19 dengan menjalani aktivitas seperti biasa akan dimulai Rabu (10 Juni 2020).

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati  menuturkan,  kebijakan new normal tahap awal diberlakukan di empat sektor, yakni sektor kesehatan, sektor keagamaan (kecuali pengajian akbar dan sejenisnya), sektor ekonomi (kecuali hajatan), dan sektor pariwisata (kecuali kolam renang).

“Langkah awal new normal di beberapa sektor dulu, seperti kesehatan, keagamaan dam ekonomi. Sektor pendidikan masih membutuhkan kajian terutama berkaitan dengan pondok pesantren,” ungkapnya kepada cyber media lintas 24.com, Selasa (9 Juni 2020).

Ia menjelaskan,  sektor pariwisata bisa diatur dengan protokol Covid-19 kecuali kolam renang. Sehingga kolam renang dan pondok pesantren ini masih membutuhkan kajian sebelum diberlakukan new normal. Untuk sektor keagamaan untuk rekomendasi dan standard operating procedure (SOP) diserahkan kepada Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sragen.

“Untuk perizinannya didelegasikan kepada camat dalam wewenang perizinan peribadatan.Khusus untuk pengajian akbar atau istigasah dan kegiatan keagamaan yang mendatangkan orang banyak masih perlu dikaji karena membutuhkan penerapan protokol yang ketat,” katanya.

Untuk new normal sektor ekonomi lanjut Bupati,  membolehkan pasar tradisional dan pasar modern, termasuk warung atau kuliner, untuk buka dengan syarat memberlakukan protokol pencegahan Covid-19.

“Kebijakan new normal itu akan kami payungi dengan peraturan bupati (perbup) yang nantinya dievaluasi selama sebulan mendatang,” katanya.

Ia mengaku sudah memprediksi sebelumnya kebijakan new normal itu bisa berpotensi munculnya gelombang Covid-19 yang kedua.

“Kemarin dalam rapat, sebagian besar peserta rapat meminta ada ketegasan dalam kebijakan new normal berupa sanksi bagi pelanggar protokol pencegahan Covid-19, seperti pakai masker, ketersediaan tempat cuci tangan, jaga jarak, dan lainnya,” tuturnya.

 

 

Comment

Feed Berita