MPLS SMP Negeri 1 Bawang Jauh Dari Kegiatan Perpeloncoan

By: On: Dibaca: dibaca 3.67Rbx
MPLS SMP Negeri 1 Bawang Jauh Dari Kegiatan Perpeloncoan

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru di SMP Negeri 1 Bawang diselanggarakan selama tiga hari mulai, Senin – Rabu, (15-17 Juli 2019). Kegiatan diawal tahun ajaran 2019/2020 mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 18 tahun 2016 tentang pengenalan lingkungan sekolah bagi peserta didik baru.

Kepala SMPN 1 Bawang, Sorbon mengatakan, pada masa awal masuk sekolah, para peserta didik baru akan mendapatkan masa-masa orientasi dan adaptasi. Tujuannya, untuk mengenalkan program-program sekolah serta sarana dan prasarana yang terdapat di sekolah.

“Saya tegaskan tidak boleh ada perploncoan atau tindak kekerasan untuk mereka. Oleh karena itu, para peserta didik baru diharapkan dapat memanfaatkannya dengan baik, dan dapat mengenal atau mengetahui dewan guru, karyawan, serta teman-teman baru mereka di sekolah.

Hal senada diungkapkan Ketua MPLS, Faizun. Dikatakan kegiatan MPLS dipandu langsung dewan guru dibantu pengurus OSIS. Sehingga dipastikan PLS lebih terarah dan terprogram sesuai tujuan. MPLS bagi peserta didik baru dilaksanakan untuk mendukung proses pembelajaran sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Dalam pelaksanaannya, perlu dilakukan kegiatan yang bersifat edukatif dan kreatif untuk mewujudkan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan.

“Tidak Ada dan tidak boleh, kita jauhkan dari kegiatan yang bersifat perploncoan atau penganiayaan terhadap peserta didik baru. Semua dipandu para guru disimi. Jadi tidak perlu takut dan khawatir, karena kegiatan ini positif dan menyenangkan untuk diikuti,” kata Faizun.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!