Motif Batik Purbalingga Bakal Usung “Wayang Suket”

By: On: Dibaca: dibaca 28.12Rbx
Motif Batik Purbalingga Bakal Usung “Wayang Suket”

 

Kerajinan wayang suket yang sudah berkembang sejak puluhan tahun  di Kabupaten Purbalingga rupanya akan dijadikan sebagai salah satu motif batik khas Purbalingga. Wayang suket dianggap memiliki keunikan tersendiri apabila dijadikan sebagai motif batik.

Hal ini dikatakan oleh Kepala Bagian Perekonomian Setda Purbalingga, Edhy Suryono saat dihubungi Senin (8/10) terkait Lomba Desain Motif Batik bertema Wayang Suket. Lomba desain batik kali ini memang sengaja mengambil tema Wayang Suket, hal ini guna memperkenalkan potensi yang ada di Purbalingga.

“Wayang suket ini karena kita punya potensi kerajinan wayang suket yang hanya satu-satunya di Indonesia bahkan dunia. Wayang suket ini kan hanya ada di Purbalingga sehingga potensi ini akan kita kembangkan ke depan untuk menjadi salah satu motif batik khas Purbalingga,” kata Edhy Suryono.

Menurutnya, motif wayang suket ini bisa dijadikan icon motif batik khas Purbalingga disamping motif lawa yang memang sudah berkembang pesat dan dikenal oleh berbagai kalangan. Purbalingga lanjutnya, memang memiliki beragam potensi yang bisa dituangkan menjadi motif batik khas Purbalinga baik motif batik tulis, cap maupun diaplikasikan dalam pakaian.

“Untuk lomba desain motif batik khas Purbalingga “Wayang Suket” harus aplikatif sebagai batik tulis, batik cap dan pakaian,” ujarnya.

Ia menjelaskan Lomba Desain Batik Khas Purbalingga dengan tema “Wayang Suket” dapat diikuti oleh masyarakat Purbalingga baik dari pelajar, mahasiswa, pengrajin batik maupun profesi lainnya yang dibuktikan dengan KTP Purbalingga. Peserta membuat desain batik berwarna pada media kertas manila putih berukuran A3.

“Untuk motif batiknya harus menonjolkan ikon Wayang Suket dan diberikan judul yang singkat tapi padat makna,” terang Edhy Suryono.

Keterangan lebih lengkap dapat dilihat pada https://purbalingganews.net/rangkaian-peringatan-hari-batik-kabupaten-purbalingga/. Peserta dapat mengirimkan desaiannya mulai tanggal 5 sampai dengan 25 Oktober 2018 pada hari kerja di Bagian Perekonomian Setda Purbalingga.

“Peserta juga wajib melampirkan formulir pendaftaran, KTP/Bukti diri lainnya dan Surat Pernyataan yang disiapkan oleh panitia,” jelasnya.

Kriteria penilaian lomba desain batik khas purbalingga dinilai dari segi originalitas karya desain, komposisi warna dan kerapihan. Formulir pendaftaran dapat diunduh di https://purbalingganews.net/rangkaian-peringatan-hari-batik-kabupaten-purbalingga/ dan untuk info lebih lanjut dapat menghubungi 08157970208 atas nama Afni atau 08161437122 atas nama Gunanto.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!