Mobil Baru Dibeli, Disikat Maling

By: On: Dibaca: 90,394x
Mobil Baru Dibeli, Disikat Maling

penjara 2

Sanyoto Widodo alias Dodo (55) harus duduk di kursi pesakitan Pengadilan Negeri (PN) Purbalingga, Senin (9/11). Warga Jalan kalibener No 23 RT 1 RW 5 Kelurahan Karangpucung, Kecamatan Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas ini sebelumnya ditangkap polisi karena mencuri mobil baru milik Sabar, warga Desa Bojanegara, Kecamatan Padamara, Purbalingga.

Sidang dipimpin oleh hakim Totok Sapto Indrato dengan hakim anggota Ageng Priambodo dan Bagus Trenggono serta Panitera pengganti (PP) Windarmono. Dalam sidang itu, jaksa penuntut umum (JPU) Soekesto Ariesto mendakwa Dodo dengan Pasal 353 ayat 1 ke-4 dan ke-5 KUHP tentang pencurian.

Humas PN Purbalingga, Arief Yudiarto menjelaskan, kasus ini berawal, saat terdakwa mencuri mobil Mitubishi Colt LT milik Sabar (62) pada Kamis, 3 September lalu. Modusnya, terdakwa menggunakan kunci palsu. Bahkan, terdakwa sempat membawa tukang kunci untuk membuat kunci palsu.

“Alasannya, kuncinya ketinggalan. Setelah berhasil, mobil belum bisa dibawa karena tidak ada bensinnya. Tersangka juga sempat meminjam uang Rp 100 ribu kepada pemilik warung di sebelah rumah korban. Setelah bensin diisi, mobil lalu dibawa kabur,” terangnya.

Berapa jam kemudian, anak korban, Saliyah pulang dan mendapati mobil yang baru dibeli ayahnya sudah tidak ada di halaman rumah. Padahal kunci mobil masih berada di dalam rumah. Ia lalu bertanya pada tetangga sekitar dan ternyata mobil tersebut telah dicuri. Saliyah lalu menghubungi ayahnya yang sedang bekerja di proyek di wilayah Kecamatan Kalimanah, jika mobil
barunya dicuri. Korban lalu melaporkan kejadian itu ke polisi.

Apesnya, terdakwa meninggalkan fotokopi KTP kepada pemilik warung yang dipinjami uang untuk membeli bensin. Berbekal itu, polisi akhirnya berhasil menangkap tersangka di rumahnya seminggu kemudian. Dari pengembangan, kami juga menangkap dua penadah dan perantaranya di daerah Purwokerto dan Wonosobo.

“Untuk kasus penadah mobil hasil curian itu, berkasnya sudah masuk ke sini (pengadilan-red). Para terdakwa disidang secara terpisah,” katanya

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!