by

Minikino Film Week 6 Gelar Youth Jury Online Camp, Seminar Daring Untuk Umum

-Dunia, Update-dibaca 5.43Rb kali | Dibagikan 12 Kali

Youth Jury Camp kembali diadakan menyongsong pelaksanaan Minikino Film Week, Bali International Short Film Festival (MFW6) pada 4-12 September 2020. Di tengah kondisi pandemi global COVID-19 tahun ini, pelatihan untuk para calon Youth Jury MFW6 pun diadakan secara online bertajuk Youth Jury Online Camp.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Youth Jury Online Camp 2020 tidak membuka panggilan peserta secara umum. Melainkan lewat undangan terbatas dari para remaja yang dipilih langsung oleh para komite MFW dari peserta-peserta Youth Jury Camp edisi yang lalu. Kegiatan ini juga tidak dipungut biaya.

Mentor Youth Jury Online Camp 2020, Fransiska Prihadi mengungkapkan, tidak adanya pembukaan pendaftaran untuk umum dikarenakan konsep pelatihan literasi film yang dalam modul Youth Jury Camp tahun sebelumnya dilakukan secara tatap muka intensif selama tiga hari penuh. Hal ini sulit diterapkan maksimal melalui daring.

“Jadi solusinya adalah dengan mengadakan pelatihan literasi film untuk remaja tingkat lanjutan, dimana para peserta sudah mengalami dan memiliki pondasi yang relatif sudah siap,” ungkapnya.

Ia menambahkan, Youth Jury Online Camp 2020 diadakan mulai Senin, 20 Juli hingga Jumat, 24 Juli 2020 mendatang. Peserta Youth Jury Online Camp akan dijadwalkan menonton 5 (lima) sampai 6 (enam) film pendek per harinya dari 23 film pendek yang telah melalui seleksi tim programming MFW6. Setelah menonton, akan diadakan diskusi daring dengan dipandu oleh mentor serta fasilitator Inez Peringga, Rickdy Vanduwin, Saffira Nusa Dewi, dan Edo Wulia.

“Partisipan akan dituntut untuk menonton dan dapat mengartikulasikan opini mereka tentang film tersebut,” tambah Fransiska.

Selain sesi menonton, menulis dan diskusi film pendek, Youth Jury Online Camp juga menggelar seminar daring (webinar) yang dapat diakses oleh umum. Siaran online ini akan ditayangkan sebagai one-time live sharing session, artinya hanya bisa ditonton pada saat acara berlangsung dari website minikino.org/live .

Narasumber yang kredibel dihadirkan ke seminar daring tiga hari berturut-turut selama 60 menit dari Australia, Malaysia, dan Jepang dengan berbagai tema, antara lain: “Why Short Films Matter: Storytelling And Young People” bersama Jemma Purdey (author, writer, festival director of Reelozind! Australia-Indonesia Short Film Competition) dari Australia pada Selasa, 21 Juli 2020.

Pada hari Rabu, 22 Juli 2019 tema “How the Power of Script Become Visible For Audience” akan dibahas bersama Amanda Nell Eu (sutradara, penulis) dan Foo Fei Ling (produser) pembuat film “Vinegar Baths” dari Malaysia yang sempat memenangkan penghargaan MFW5 Best Fiction Shorts.

Narasumber dari Jepang, Koyo Yamashita akan mengisi sesi “About Jurying a Film Festival” hari Kamis, 23 Juli. Seluruh seminar daring ini akan disiarkan mulai pukul 15.00-16.00 WITA.

Di akhir program Youth Jury Online Camp, yakni pada hari Jumat, 24 Juli 2020, peserta  akan menetapkan 3 (tiga) film pendek untuk menjadi MFW6 Youth Jury Award Nominees.

 

 

Comment

Berita Lainnya