by

Minikino Antarkan Film Pendek Indonesia Menuju Festival Film di New Zealand

-Teknologi, Update-dibaca 4.00Rb kali | Dibagikan 15 Kali

Bekerja sama dengan Show Me Short, Minikino dan para pembuat film Indonesia kembali menambah daftar panjang prestasi di kancah internasional. Dalam misi promosikan seni dan budaya melalui film pendek, kerja sama program pertukaran film telah terjalin antara Minikino dengan Show Me Shorts, sebuah festival film pendek di New Zealand.

Direktur Program Minikino ,Fransiska Prihadi, mengatakan Film-film pendek Indonesia pilihan akan diputar dalam salah satu program bulanan Show Me Shorts. Sebaliknya, beberapa film pendek dari New Zealand akan diputar dalam Minikino Film Week (MFW) – Bali International Short Film Festival di tahun ke-6 yang diadakan di Bali, 4-12 September 2020 mendatang.

“Diputarnya film-film pendek Indonesia dalam program bulanan Show Me Shorts adalah langkah awal dari kerjasama kami. Mereka adalah festival film pendek internasional terdepan di New Zealand. Ini juga kesempatan yang cukup penting dan membanggakan, mengingat Show Me Shorts adalah festival yang telah memiliki kualifikasi Oscar dan terakreditasi oleh Academy Awards,” tuturnya kepada siber lintas24.com, Kamis (20 Agustus 2020).

Ia mengatakan, pada awalnya ada 12 film pendek Indonesia yang akan dikirimkan ke Show Me Shorts. Tetapi, Direktur Festival dan Co-Founder Show Me Shorts sekaligus Vice Chair of the Board dari asosiasi internasional Short Film Conference, Gina Dellabarca, menyeleksi kembali film-film pendek tersebut hingga akhirnya terpilihlah 6 (enam) film pendek Indonesia yang akan diputar di New Zealand.

Film-film tersebut, antara lain Llop Mougn (sutradara: Oktivani Anggia Rachmalita, animasi, 2018), Jemari Yang Menari di Atas Luka-Luka (sutradara: Putri Sarah Amelia, drama, 2019), Muslimah (sutradara: Nur Wulandari, dokumenter, 2018), Life of Death (sutradara: Jason Kiantoro & Bryan Arfiandy, animasi, 2018), Reform (sutradara: M. Ramza Ardyputra, animasi, 2016), dan Jagawana (sutradara: Svetlana Dea, drama-horor, 2015).

“Saat ini, seluruh film pendek terpilih telah diterbitkan dan dapat dilihat pada website resmi Show Me Short,” ungkapnya.

Film-film tersebut disiarkan secara daring akibat adanya kasus Covid-19 baru di New Zealand per tanggal 11 Agustus lalu. Seluruh pemutaran film disiarkan menggunakan teknologi geo-blocked. Dalam kesempatan ini, Show Me Shorts juga menggandeng KBRI di Wellington untuk mendukung berlangsungnya acara tersebut.

Editor : Rizky Riawan Nursatria. (Mg)

Comment

Berita Lainnya