Meriah, Pesta Tahu Kalikabong

By: On: Dibaca: dibaca 20.71Rbx
Meriah, Pesta Tahu Kalikabong

Sajikan 20 Kreasi Kudapan Berbahan Tahu

Cyber Media Lintas24.com. Makanan tahu ternyata bukanlah makanan yang monoton, nyatanya tahu dapat dikreasikan menjadi berbagai macam kudapan. Sebanyak 20 perwakilan PKK tingkat RT Kelurahan Kalikabong Kecamatan Kalimanah masing-masing berlomba menciptakan satu kreasi menu kudapan berbahan tahu.

Hasil kreasi tersebut dipamerkan sekaligus diperlombakan dihadapan masyarakat Purbalingga dalam acara Pesta Tahu yang diselenggarakan oleh Karang Taruna “Medan Remaja” Kelurahan Kalikabong, Minggu (3/12) lalu.

Hasil kreasi tahu yang dibuat diantaranya, Perkedel tahu, tahu welok, nuget tahu, tahu bunder, tahu fantasi, pepes tahu, puding tahu, pizza tahu, tahu ranjau bakar, tahu bunga, tahu mercon, brownies tahu, sate tahu dan sate lilit.

Dari sekian kreasi tersebut dipilih 6 tim pemenang diantaranya, Juara I diraih oleh tim PKK RT 5 RW 1 (Brownies Tahu), Juara II RT 3 RW 1 (Pizza Tahu), Juara III RT 1 RW 2 (Nuget Tahu); selain itu untuk Juara Harapan I diraih oleh Tim PKK RT 3 RW 4 (Sate Lilit Tahu), Juara Harapan II RT 5 RW 1 (Puding Tahu) dan Juara Harapan III RT 4 RW 3 (Sate Tahu).

Acara yang digelar di area parkir swalayan Ken Mriki ini menyedot atensi dari masyarakat dan Pemkab Purbalingga. Wakil Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon mengapresiasi akan terselenggaranya acara Pesta Tahu ini.

“Saya minta tolong nanti pemenang lomba kudapan tahu ini bisa dipilih menjadi rekanan untuk menyediakan kudapan setiap kegiatan di pemerintahan. Sebab kita juga punya program Bela-Beli yang mewajibkan membeli produk lokal guna mendorong ekonomi masyarakat Purbalingga sendiri,” kata Wabup yang akrab disapa Tiwi ini.

Ia berharap dengan acara ini bisa menggugah gaung spirit pengusaha tahu Kalikabong yang sempat meredup ini. Selain itu juga menyadarkan kepada masyarakat bahwa makanan tahu ini bisa diolah menjadi aneka menu yang tidak membosankan. Pihaknya juga berkomitmen untuk mendorong Industri Kecil Menengah (IKM) Tahu di Kalikabong dengan memberikan fasilitas peralatan pendukung.

“Tahun 2018 dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan sudah menganggarkan fasilitas peralatan untuk home industry Tahu di Kalikabong. Atau juga dari Dinkop UMKM nantinya bisa memberikan pembinaan lebih lanjut pada mereka,” tuturnya.

Sementara itu Lurah Kalikabong Setiawan Priambodo menerangkan acara Pesta Tahu ini juga salah satu perwujudan tindak lanjut pengembangan ekonomi Industri Tahu.

“Kami bekerjasama dengan pemuda Karang Taruna, tiap hari Minggu pagi mereka membantu menjualkan produk olahan tahu di GOR dan untuk hari biasa juga menjual di outlet. Ini membuktikan bahwa antusias sudah nampak,” katanya.

Ia merinci di Kalikabong ada 5 kelompok IKM produksi tahu. Masing-masing kelompok ada 10 orang. Salah satunya ada yang menjual Tahu Kosong dan diborong pengusaha Sokaraja untuk dikemas ulang dan dijual menjadi seolah-olah produk khas Sokaraja.

Ketua Karang Taruna “Medan Remaja”, Lukman Setiyo mengungkapkan, anggota Karang Taruna sengaja menggelar acara pesta tahu ini, diharapkan dengan adanya acara ini dapat mengangkat kembali nama besar Kelurahan Kalikabong sebagai produsen tahu di Purbalingga. Sekaligus memperingati Hari Jadi ke 187 Kabupaten Purbalingga dan mengajak masyarakat Purbalingga untuk mengkonsumsi makanan berbahan dasar kedelai yang bergizi ini.

“Karang Taruna Kalikabong berkewajiban untuk mengangkat cintra dan melestarikan ikon tahu Kalikabong yang dulu sudah pernah berjaya,”ungkap Lukman

 

Salah satu ketua kelompok IKM produksi Tahu, Samsul mengakui adanya kelesuan produksi pada periode belakangan. Beberapa faktor diantaranya kurangnya inovasi dan alih profesi.

“Saya lihat di Pasar Segamas, penjual tahu masih didominasi dari luar Kalikabong dan luar Purbalingga. Namun belakangan dengan adanya inovasi seperti tahu bulat, tahu bom lumayan bisa meningkatkan penjualan,” terangnya.

Selain serangkaian lomba kudapan tahu, acara ini juga menyelenggarakan adanya Bazar Tahu, dan Pesta Tahu gratis yang telah diolah seperti Bubur Ayam Tahu, Piza Tahu dan Pecel Tahu.

Selain itu juga diselenggarakan lomba mewarnai gambar bertemakan tahu yang diikuti 150 anak TK yang ada di Kalikabong. Mereka yang memenangkan lomba mewarnai ini diantaranya Juara I diraih Zahra Ayundya A, Juara II Fazlia Queenaska dan Juara III Azel Z, Juara Harapan I Fatihah Zakira I, Juara Harapan II Zaky dan Juara Harapan III Naora MJ. (Ganda Kurniawan)

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!