Menteri Susi Hanya Gebrakan Pencitraan

By: On: Dibaca: dibaca 76.37Rbx
Menteri Susi Hanya Gebrakan Pencitraan

Gebrakan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam mengambil kebijakan di sektor kelautan dan perikanan dinilai hanya sebagai pencitraan belaka. Sebab, tidak banyak dampak positif yang bisa dirasakan masyarakat, khususnya nelayan, pembudidaya perikanan, dan pelaku usaha atas kebijakan tersebut.

Anggota Komisi IV DPR Firman Subagio mengatakan, ukuran keberhasilan pejabat negara dalam mengeluarkan kebijakan adalah berdampak posisif bagi masyarakat. Jika kebijakan tersebut malah dirasakan menyulitkan, bahkan hingga perekonomian masyarakat menjadi tidak jelas, ini merupakan kegagalan.

Dikatakan Firman, banyak hal yang telah dilakukan Susi Pudjiastuti selama menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan. Salah satu kebijakan yang paling menonjol dan melambungkan namanya adalah pemberantasan pencurian ikan ilegal di perairan Indonesia.

“Penenggelaman kapal pencuri ikan adalah gebrakan yang selalu dibanggakan Susi, dan itu selalu di ekspos ke media untuk membesarkan namannya,” kata Firman kepada Suara Karya di Jakarta, Jumat (8/5).

Namun demikian lanjut Firman, akar permasalahan dalam pencurian ikan tersebut tidak pernah disentuh seperti pemilik kapal pencuri ikan atau mafia-mafia di Indonesia yang terlibat dalam lingkaran pencurian tersebut, mereka masih bebas berkeliaran dan mengendalikan jaringannya.

Dia mencontohkan, dalam setiap penangkapan kapal pencuri ikan hampir tidak pernah tersiar berita mengenai barang bukti hasil tangkapannya. Hanya ada barang bukti anak buah kapal (ABK) dan kapal ikan sebagai alat untuk operasional yang selalu di ekspos.

Firman menyinggung, kapal-kapal yang selama ini ditenggelamkan juga bukan kapal-kapal besar melainkan hanya perahu kayu berukuran di bawah 30 grosston (GT). Padahal kapal pencuri ikan yang beroperasi di perairan Indonesia seperti Natuna, Arafura dan lainnya adalah kapal berukuran besar yakni di atas 100 GT.

“Kalau untuk pencitraan, Menteri Susi sangat berhasil membuat media dan masyarakat mengaggumi sosoknya. Tetapi kalau ukurannya keberhasilan dalam mengeluarkan kebijakan, itu masih sangat jauh,” ujarnya.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!