Menu
Media Online Terpercaya

Menjaga Keamanan Akun Gmail. Penting Keluar dari Akun Gmail

  • Share

Beberapa pengguna mungkin menggunakan akun Gmail utama untuk log-in ke perangkat Android. Untuk itu, sangat penting untuk menjaga keamanan akun Gmail, terutama yang digunakan untuk masuk ke perangkat Android.

Apabila pernah melakukan log in ke suatu perangkat dan berencana tidak akan menggunakannya lagi -entah rusak atau hendak dijual- jangan lupa untuk keluar dari akun Gmail. Sebab jika tidak, akun Gmail bisa disalahgunakan untuk keperluan yang tidak sepantasnya. Log out atau keluar dari akun Gmail cukup mudah dilakukan. Berikut langkah-langkah keluar dari akun Gmail versi web, Android, dan iOS, dirangkum dari How to Geek,

Logout  di Android

Cara keluar dari akun Gmail di perangkat Android Untuk logout dari akun Gmail di perangkat Android, buka aplikasi Gmail, lalu klik foto profil yang ada di pojok kanan atas. Kemudian pilih “manage accounts on this device”. Pilih akun yang ingin dikeluarkan, lalu pilih “remove account” dan klik opsi yang sama sekali lagi untuk konfirmasi.

Perlu diingat, apabila akun yang dikeluarkan dari perangkat adalah akun Gmail utama yang disinkronisasi dengan smartphone Android, maka akun Google akan terhapus dari perangkat juga, bukan hanya keluar dari aplikasi Gmail saja. Namun, jika bukan akun yang disinkronisasi ke smartphone, akun Google akan tetap terhubung.

Logout  di iPhone

Cara keluar dari akun Gmail di perangkat iPhone dan iPad Ada dua cara yang bisa dilakukan, yakni log out Gmail dari iPhone sementara atau sepenuhnya. Untuk log out secara permanen, buka aplikasi Gmail kemudian klik foto profil yang ada di pojok kanan atas.

Lalu, pilih “Manage accounts on this device” untuk menampilkan semua akun Gmail yang telah log in ke perangkat. Pilih akun mana yang ingin dikeluarkan dari perangkat, lalu klik tombol “Remove from this device”. Lanjutkan dengan meng-klik opsi “remove” untuk keluar dari perangkat sepenuhnya.

Jika ingin keluar sementara, cukup geser tombol “switch” yang ada di sisi kanan akun Gmail. Jangan lupa klik tombol “done” di sisi atas laman “manage accounts” untuk kembali ke beranda Gmail. Cara keluar dari akun Gmail di desktop Perlu diingat bahwa menutup tab Gmail di browser, bukan berarti pengguna secara otomatis akan keluar dari akun Gmail juga.

Logout  di Desktop

Untuk keluar dari Gmail desktop yang dibuka melalui browser, caranya cukup mudah yaitu klik foto profil yang ada di pojok kanan atas. Terima kasih telah membaca Kompas.com. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email Kemudian gulir ke bawah, lalu klik “sign out”. Jika ada banyak akun terdaftar, klik “sign out of all accounts”. Maka, seluruh akun Gmail akan keluar secara bersamaan. Sejauh ini, Google belum memberikan opsi untuk memilih akun Gmail tertentu untuk log out dari situs web.

Setelah keluar, alamat Gmail akan tetap terpampang, namun, tetap membutuhkan password untuk kembali log in.

Untuk lebih meyakinkan, klik “remove accounts”, lalu klik tanda blokir di sisi kanan. Lanjutkan dengan mengklik “yes, remove” agar alamat Gmail tidak lagi muncul di situs.

Jika perangkat hilang

Apabila perangkat hilang, pengguna tetap bisa log out akun Gmail dari jarak jauh dengan memanfaatkan fitur manajemen perangkat. Caranya, buka akun Gmail via browser, lalu klik foto profil di pojok kanan atas dan pilih “manage your Google account”.

Pilih tab “security”, lalu klik tombol “manage devices” yang ada di sisi kiri bawah. Nantinya, pengguna akan melihat perangkat mana saja yang telah log in menggunakan akun Gmail. Cari perangkat yang dikehendaki. Kemudian, klik tombol “menu” (ikon titik tiga horisontal) yang ada di sisi atas kanan, pilih “sign out”.

Lalu, klik lagi “sign out” untuk konfirmasi. Akun Google Anda akan keluar dari perangkat tersebut sepenuhnya. Tidak ada salanya untuk meningkatkan keamanan akun Gmail dengan mengaktifkan verifikasi dua langkah agar akun Gmail semakin aman.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *