Menu
Media Online Terpercaya

Mengapa Masyarakat Indonesia Tak Bisa Lihat Gerhana Matahari Cincin 10 Juni. Ini Jawabannya

  • Share
gerhana bulan
Ilustrasi Gerhana Bulan_lintas24.com

Gerhana Matahari Cincin dan fase bulan akan terjadi pada 10 Juni 2021. Namun, Gerhana Matahari Cincin kali ini tidak bisa disaksikan di Indonesia. Karena bayangan penumbra bulan yang jatuh di permukaan Bumi tidak melalui Indonesia

Melansir laman Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional  (LAPAN), Gerhana Matahari Cincin dapat disaksikan di Pulau Ellesmere dan Baffin (Kanada) serta Kawasan Siberia (Rusia) dengan ketampakan maksimum terjadi pada pukul 17.43 WIB.

Sementara itu, wilayah seperti Greenland, Islandia, Eropa, Rusia, negara-negara Asia Tengah dan China bagian Barat dapat menyaksikan Gerhana Matahari Sebagian.

“Gerhana Matahari Cincin 10 Juni tidak bisa disaksikan dari Indonesia. Karena indonesia tidak terkena bayangan penumbra bulan, maka Bulan tidak akan menutupi Matahari. Sehingga, matahari akan terlihat sebagaimana biasanya ketika tidak terjadi gerhana,” kata Peneliti di Pussainsa LAPAN, Andi Pangerang, Sabtu (5 Juni 2021)

Andi menjelaskan, di dalam astronomi ada elongasi atau separasi (sudut pisah). Jika mengalami Gerhana Matahari Sebagian, maka elongasi antara bulan dan matahari akan lebih kecil dibandingkan jumlah dari jari-jari sudut matahari dan jari-jari sudut bulan.

Lalu, jika mengalami Gerhana Matahari Cincin, maka jari-jari sudut bulan yang tampak dari pengamat di bumi akan lebih kecil dibandingkan dengan jari-jari sudut matahari.

“Hal ini dikarenakan bayangan inti bulan (disebut juga umbra) tidak mencapai permukaan bumi, sehingga yang sampai ke permukaan bumi adalah bayangan yang arahnya berlawanan dengan umbra, disebut juga anti-umbra atau antumbra,” ujar Andi.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *