by

Mendagri Tito Karnavian: Pilkada Siap Digelar 9 Desember 2020. Gugus Tugas Covid-19 Dukung Pelaksanaan

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 kemungkinan dilaksanakan pada 9 Desember 2020. Pilkada kali ini akan sangat unik di setiap tahapannya mulai kampanye hingga pemungutan suara. Kampanye akbar dalam Pilkada 2020 harus dihindari dan beralih untuk melakukan kampanye dengan live streaming di media sosial.

Hal itu diungkapkan, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dalam rapat kerja dengan Komisi II secara virtual, Rabu (27 Mei 2020).

“Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mendukung digelarnya Pilkada serentak. Pelaksanaan Pilkada 2020 harus dengan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19,” kata Tito

Menurut Tito, perhitungan dan pemungutan suara akan berbeda dari Pilkada sebelumnya. Ia mengatakan, pemungutan suara di TPS dapat diatur per jam.

“Pemungutan suara dapat diatur per jam TPS-TPS, dengan sudah kenal para pemilih pada saat validasi mereka bisa atur mungkin dari 100 orang atau 200 orang, nomor sekian sampai 20 orang, datang jam 7-8, terus yang lain perhitungan dan hasil pemungutan suara dari KPU juga punya ide mungkin bisa dijelaskan,” tuturnya.

Ia mengingatkan, Pilkada jangan sampai menimbulkan kerumunan dan terjadi penularan Covid-19. Selain itu, kepala daerah diminta bekerja sama untuk menekan angka Covid-19.

“Jangan sampai Pilkada muncul kerumanan dan terjadi penularan. Justru kita balik ini kita gunakan untuk menekan Covid-19 kepala daerah akan all out untuk menekan angkanya,” tuturnya.

 

 

Comment

Feed Berita