by

Menangkal Merebaknya Virus Corona, Kwarcab Gerakan Pramuka Purbalingga Imbau Tingkatkan Pola hidup Bersih dan Sehat

-Daerah, Update-dibaca 8.70Rb kali | Dibagikan 124 Kali

Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Purbalingga mengingatkan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan. Hal itu penting dilakukan sebagai upaya dalam menangkal merebaknya virus corona atau Copid-19. Pasalnya, jumlah infeksi di seluruh dunia telah lebih dari 121.000 di 121 negara, termasuk Indonesia.

“Bersamaan dengan penetapan pandemi ini, tentunya kita harus lebih waspada terhadap virus corona agar tidak ikut terinfeksi. Pola hidup bersih dan sehat harus menjadi gaya hidup anggota Pramuka disemua tingkatan. Jagalah kebersihan lingkungan dari lingkungan terkecil yakni keluarga. insya allah akan terhindar dari segala penyakit termasuk virus korona,” tutur Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Purbalingga, Kak Subeno, kepada cyber media lintas24.com, Kamis (12 Maret 2020)

Ia menambahkan, cuci tangan secara menyeluruh menggunakan sabun dan air, atau bila tidak ada dengan pembersih tangan hand sanitizer berbahan alkohol 60 persen. Mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer bisa membunuh virus corona yang hinggap pada tangan

“Kuncinya ada pada pola hidup sehat dan bersih. Makanya untuk semua anggota Pramuka di Kwarcab Purbalingga harus bisa menjaga kebersihan dan kesehatan,” tuturnya.

Kak Subeno mengimbau, jaga jarak Jaga jarak setidaknya satu meter dari orang yang sedang batuk atau bersin. Pasalnya, virus corona ditularkan melalui droplet atau cairan yang keluar dari tubuh orang terinfeksi saat batuk atau bersin.

“Tutup mulut atau hidung ketika bersin dan batuk menggunakan sapu tangan atau tisu, bukan tangan. Segera buang tisu setelah digunakan. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus ke orang-orang sekitar Anda melalui bersin dan batuk,” tuturnya.

Comment

Berita Lainnya