by

Menaker Ida Fauziyah Berkegiatan, Pemkab Purbalingga Tak Dilibatkan

-Wanita-dibaca 5.50Rb kali | Dibagikan 24 Kali

Kegiatan pemeriksaan kesehatan tenaga kerja yang merupakan agenda  resmi Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah di Kabupaten Purbalingga tidak diketahui oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga.

Bahkan telihat di dinding akun media sosial facebook Masoji2020 dan pemberitaan media massa, Calon Bupati Purbalingga Muhammad Sulhan Fauzi (Oji) mengklaim dirinya yang mengajak Menteri Ida Fauziyah datang ke Purbalingga melihat rapid test masal untuk pekerja yang dilakukannya.

“Untuk kehadiran Menaker Ibu Ida di Hotel Grand Braling Purbalingga pada Rabu (19 Agustus 2020). Kami tidak  mendapat undangan. Saat saya menelpon protokol menteri infonya kegiatan internal kementerian. Jadi kami dan Bupati tidak diundang. Tidak ada satu pun jajaran pemerintah yang hadir pada acara itu,” ungkap Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Purbalingga Edhy Suryono kepada media siber lintas24.com, Sabtu (22 Agustus 2020).

Ia mengaku tidak tahu menahu mengenai kegiatan Menteri Tenaga Kerja di Hotel Braling. Tidak ada surat resmi dari Kemenaker terkait kegiatan tersebut.

“Penyelenggaranya kemenaker pusat. Yang mendapatkan surat dari Kementerian hanya dinas tenaga kerja provinsi. Pihaknya hanya diundang oleh Satuan Kerja Pengawas Ketenagakerjaan Wilayah Banyumas untuk membahas teknis pemeriksaan kesehatan tenaga kerja di PT. Boyang Industrial pada 18 Agustus 2020 tanpa adanya pemberitahuan kegiatan Menaker,” tuturnya.

Terkait pemberian bantuan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas maupun program Tenaga Kerja Mandiri (TKM), kata dia, tidak memberitahu dengan Dinas tenaga kerja setempat. Bahkan pihaknya juga tidak diajak berkoordinasi dari pihak kementerian.

“Di dalam Juklak maupun Juknis, terdapat kewajiban kami untuk memonitor pada saat pelaksanaanya. Kalau tidak diberitahu bagaimana kami memonitor,” jelasnya.

Bahkan pihaknya tidak mendapat  jawaban saat menghubungi langsung Kementerian Tenaga Kerja menanyakan  siapa saja yang memperoleh program BLK Komunitas. Hingga saat ini juga tidak tahu siapa saja yang bantuan tersebut.

“Saya tidak tahu siapa saja yang mendapat bantuan itu,” tuturnya.

Calon Bupati Purbalingga, Oji memberi konfirmasi bahwa kegiatan rapid test yang dihadiri Menaker Ida Fauziyah di Hotel Grand Braling itu merupakan inisiasinya. Dirinya sudah lama mengkonsep kegiatan tersebut.

“Saya yang menghitung berapa jumlahnya.  Saya komunikasi dengan Bu Ida sejak bulan Ramadhan kemarin. Kegiatan rapid test itu murni diadakan Kementerian Tenaga Kerja.  Pihaknya menginisasi dan menyumbang gagasan terkait kegiatan tersebut. Prinsipnya kami membantu masyarakat Purbalingga bagaimanapun caranya. Walaupun hal kecil masyarakat mendapatkan manfaatnya dan bisa menjadi motivasi yang lain,” tutur dia.

Ia menjelaskan,  terkait BLK Komunitas dan program TKM, merupakan kegiatan Kemenaker. Kegiatan tersebut dijadikan satu  merupakan rangkaian acara kunjungan Menaker di Hotel Braling.

“Kalau BLK Komunitas dan Program TKM bukan inisiasi saya. Kalau saya hanya rapid testnya saja,” tuturnya.

Ia menuturkan tiga kegiatan Menaker tersebut sengaja diadakan di satu tempat dengan alasan keterbatasan waktu. Dirinya tidak mengklaim bahwa kegiatan itu diadakannya sendiri.

“Kegiatan diadakan di satu tempat karena keterbatasan waktu. Beliau (Menaker) Pukul 15.00 sudah berangkat. Jadi sekalian kegiatan di Hotel Grand Braling,” tukasnya.

Perlu diketahui, kegiatan menteri tersebut bersifat resmi tercantum pada surat dari Dirjen Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja M. Iswandi Hari kepada Gubernur Jawa Tengah Nomor B5/36/A.5.02.01/VIII/2020 tertanggal 18 Agustus 2020 perihal pemberitahuan kegiatan Menaker dalam acara Pemeriksaan Kesehatan Tenaga Kerja.

Lalu, surat Direktur Pengawasan Norma Keselamatan dan Kesehatan Kerja Ghazmahadi Nomor B.5/2429/AS.03.02/VIII/2020 tertanggal 14 Agustus 2020 kepada Kepala Dinakertrans Provinsi Jawa Tengah yang meminta untuk disediakan peserta kegiatan dan petugas pemeriksa kesehatan pada kegiatan Gerakan Pekerja Sehat di Purbalingga.

Comment

Berita Lainnya