by

Membentuk Lulusan yang Berkarakter Akhlak Mulia – 28 Tahun SMA Maarif Karangmoncol

-Pendidikan-dibaca 116.16Rb kali | Dibagikan 52 Kali

IMG_20160424_161531

SMA Maarif Karangmoncol menggelar peringatan ulang tahun ke-28 dengan acara puncak berupa jalan sehat untuk masyarakat umum, Senin (24/4). Melalui kurikulumnya, sekolah ini berkomitmen untuk terus membentuk lulusan yang memiliki karakter berakhlak mulia sesuai dengan program Pemkab Purbalingga.

Kepala SMA Maarif Karangmoncol Toyibah SKom mengatakan, pembentukan karakter berakhlak mulia dan disiplin sudah dilakukan sejak sekolah ini berdiri. Salah satunya dengan program ngaji yang dilakukan setiap pagi sebelum para siswa memulai pelajaran.

“Pagi, siswa masuk pukul 06.30. Sebelum pelajaran, mereka melakukan tahlil, membaca Surat Yasin, menghafalkan Juz Amma dan Asmaul Husna. Kami menginginkan agar para siswa dapat memimpin tahlil baik di sekolah maupun dirumah. Sehingga ketika mereka lulus nanti, baik melanjutkan kuliah atau terjun ke masyarakat, sudah memiliki bekal agama yang kuat,” katanya.

Sementara itu, dari segi prestasi, SMA Maarif Karangmoncol juga mampu unjuk gigi. Tahun lalu sekolah ini meluluskan seluruh siswanya. Adapun prestasi nonakademik, Januari lalu, salah satu siswanya, Saifi Marhatu Solihah meraih medali perak dalam kejuaraan silat Setia Hati Teratai Jawa-Bali di Jawa Timur.

Di tingkat kabupaten, sekolah ini berjaya di ajang Pekan Olahraga Seni Maarif (Porsema) dengan menjadi Juara I Cerdas Cermat Agama (CCA) dan Mapel Biologi serta juara II di mapel Fisika, debat Bahasa Inggris, bulu tangis dan tenis meja.

Peringatan ulang tahun itu, juga bertepatan dengan Harlah NU ke-93 dan peringatan Hari Kartini. Rangkaian kegiatan berupa lomba kakang mbekayu Maarif, lomba tumpeng, kebersihan kelas, permainan tradisional, karaoke antar SMP/MTs se-Kecamatan Karangmoncol dan puncaknya adalah jalan sehat bersama masyarakat umum.

“Lomba karaoke dan jalan sehat ini juga menjadi bagian dari sosialisasi PPDB (penerimaan peserta didik baru-red). Tahun lalu kami mendapat 128 siswa, tahun ini kami menargetkan masuk 250 siswa. Kami optimis, sekolah kami dan lulusan kami mampu bersaing dan selangkah lebih maju dengan sekolah lain terutama di Kecamatan Karangmoncol,” imbuhnya.

Pada jalan sehat kemarin, diikuti oleh 1.745 peserta baik dari keluarga besar SMA Maarif Karangmoncol, Muspika Karangmoncol, siswa SMP/MTs se-Karangmoncol dan masyarakat umum. Adapun hadiah utama berupa lemari es diraih oleh Rani Rahmawati, siswa SMP 3 Karangmoncol.(yoga tri cahyono)

 

Comment

Berita Lainnya