Menu
Media Online Terpercaya

Masyarakat Purbalingga Diminta Giatkan Penghijauan. Bupati Tiwi: Bisa Cegah Bencana  Banjir dan Longsor

  • Share
Bupati PurbalinggaDyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) saat memimpin Apel Gelar Pasukan dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi bencana tahun 2021 di alun-alun Purbalingga, Selasa (02 Nopember 2021)
Bupati PurbalinggaDyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) saat memimpin Apel Gelar Pasukan dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi bencana tahun 2021 di alun-alun Purbalingga, Selasa (02 Nopember 2021)

Beberapa minggu terakhir terjadi bencana alam di sejumlah desa di Kecamatan Karangmoncol. Di Desa Sirau terjadi tanah longsor, di Desa Tunjungmuli  dan Desa  Grantung terjadi banjir karena aliran sungai meluap.

Setelah ditelusuri penyebab bencana alam salah satunya karena banyak pohon di hutan di wilayah itu ditebang. Oleh karena itu kegiatan penghijauan dan penanaman bibit pohon perlu kembali digiatkan

Hal itu diungkapkan,  Bupati PurbalinggaDyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) saat memimpin Apel Gelar Pasukan dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi bencana tahun 2021 di alun-alun Purbalingga, Selasa (02 Nopember 2021)

Bupati Tiwi juga menekankan agar semua pihak baik masyarakat, pemerintah desa serta jajaran diatasnya perlu meningkatkan koordinasi untuk melakukan antisipasi dini  dan penanganan apabila terjadi bencana alam.

“Antisipasi yang dilakukan diantaranya dengan tidak membuang sampah di sungai dan juga melakukan gerakan penghijauan,” katanya.

“Kita juga akan berkoordinasi dengan jajaran TNI  dan Polri serta jajaran Organisasi Kemanusiaan untuk siaga menghadapi bencana alam. Sehingga jika terjadi bencana alam penanganannya bisa sinergi dan terpadu,” imbuhnya.

Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purbalingga Umar Fauzi dalam laporannya saat apel menyampaikan fenomena La Nina juga mempengaruhi kondisi cuaca di Kabupaten Purbalingga.  Salah satunya curah hujan bisa meningkat 20-70 persen.

“Kondisi ini diperkirakan akan terjadi hingga Februari 2022,” jelasnya.

Dalam apel kesiapsiagaan ini, unsur yang hadir diantaranya TNI, Polri, BPBD Satpol PP, Dinhub, Dinkes, DPUPR, Dinsosdalduk KBPPPA, PMI, Tagana, Baznas, PLN, KPH Wilayah Banyumas Timur, Kwarcab Pramuka Purbalingga, SAR Purbalingga, Purbalingga Reaksi Cepat, Bagana, MDMC, RAPI, ORARI,Senkom Destana, Mastana, dan Karang Taruna

 

 

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *