by

Masyarakat Purbalingga Diimbau Laksanakan Shalat Idul Fitri di Rumah

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi mengimbau agar seluruh takmir masjid atau musala tidak menggelar salat idulfitri di rumah ibadah atau lapangan. Umat muslim diminta melaksanakan salat idulfitri, di rumah masing-masing.

“Tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga juga tidak menggelar Shalat Id di Alun-alun. Tak hanya itu, open house juga tidak ada. Keputusan ini dibuat berdasarkan surat Kemenag RI, fatwa MUI, tausiyah MUI Jawa Tengah, dan surat gubenur Jawa Tengah,”ungkap Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi kepada cyber media lintas24.com, Jumat (22 Mei 2020).

Dia menjelaskan, fatwa MUI menyebutkan bahwa salat idulfitri berjamaah di masjid atau lapangan diperbolehkan apabila sudah tidak ada lagi penularan Covid-19 di wilayah bersangkutan. Pada malam harinya juga diimbau tidak ada kegiatan takbir keliling, cukup sebatas di masjid atau musala dan tetap mengedepankan protokol Covid 19.

Bupati juga mengimbau agar tidak mengadakan kegiatan silahturahmi, halal bi halal maupun open house.

“Mari kita sadari bersama-sama, agar musibah ini tidak terus berkepanjangan dengan menupayakan apa yang kita bisa lakukan. Kami harap masyarakat bisa bekerjasama,” tuturnya.

 

 

Comment

Feed Berita