Maksimalkan Alsintan, Jangan Biarkan Lahan Tidur

By: On: Dibaca: dibaca 6.11Rbx
Maksimalkan Alsintan, Jangan Biarkan Lahan Tidur

Tidak hanya moderenisasi, alat mesin pertanian atau Alsintan diklaim bisa meningkatkan produktivitas petani. Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dalam kunjungannya ke Desa Kembangan Kecamatan Bukateja menjelaskan, alsintan jika didayagunakan dengan benar akan mengurangi potensi lahan ‘tidur’.

Pemanfaatan alsintan mampu menghemat anggaran dan menggenjot produksi setara Rp 316 triliun di Indoensia. Itu mendorong Kementerian Pertanian (Kementan) sejak 2015 sampai sekarang telah mengucurkan bantuan 300 ribuan unit alsintan.

“Hitung-hitungan kami dari 300 ribuan unit alsintan yang telah kami beri, seharusnya setiap hari di Indonesia bisa menggarap 50.000 Hektare,” katanya Selasa (8/5/2018).

Andi Amran Sulaiman meminta petani memaksimalkan alsintan yang diberikan. menurutnya, banyak manfaat lain dari penggunaan strategi tersebut. Diantaranya, menurunkan biaya olah lahan hingga 30 persen.

“Proses tanam juga lebih cepat. Dulu proses tanam satu hektare butuh 25 orang pakai tangan. Sekarang hanya pakai rice transplanter,” tutur Andi Amran Sulaiman

Selain itu, olah tanam, dulu jika memakai kerbau butuh lima hari. Sekarang dengan traktor tiga jam, satu hektare selesai diolah. Alsintan, kata Menteri Amran, pun meningkatkan indeks pertanaman (IP). “Biasanya satu kali tanam dalam setahun, kini bisa meningkat tiga kali, bahkan bisa empat kali tanam. Jangan berikan kesempatan lahan untuk tidur,” katanya. (Ganda Kurniawan)

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!