Makan Buah Bersama Plt. Bupati, Warga Tlahab Lor Serbu Gunungan Buah

By: On: Dibaca: 7,509x
Makan Buah Bersama Plt. Bupati, Warga Tlahab Lor Serbu Gunungan Buah

 

Salah satu rangkaian kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Puskesmas Karangreja yang dipusatkan di lapangan Desa Tlahab Lor Kecamatan Karangreja pada hari Sabtu (23/06), adalah makan buah bersama Plt. Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, SE. B.Econ.

Warga Tlahab Lor Kecamatan Karangreja ramai-ramai mengambil berbagai buah-buahan yang berada di gunungan. Sebelum menjadi rebutan warga, gunungan tersebut mendapat penilaian dari tim juri karena gunungan yang berasal dari 7 (tujuh) desa di wilayah Kec. Karangreja dilombakan dalam kegiatan germas.

“Makan buah dan sayur penting karena menjadi salah satu upaya menjaga kesehatan kita, yang kedua adalah olahraga secara teratur, rutin cek kesehatan dan juga istirahat yang cukup,” kata Plt. Bupati Tiwi dalam sambutannya usai melaksanakan senam germas bersama warga, meninjau stand posbindu dan stand pameran hasil bumi, membagikan rasbangga, PMT ibu hamil dan balita serta gerakan cuci tangan bersama siswa SDN 1 Tlahab Lor Kec. Karangreja dan juga menandatangani komitmen bersama germas.

Derajat kesehatan di Purbalingga, lanjutnya, masih rendah dari angka harapan hidup yang rata-rata hanya mencapai usia 72 tahun, dan permasalahan kesehatan seringkali datang dari pola hidup yang kurang sehat. Berikutnya adalah masalah stunting pada anak-anak, maka sudah seharusnya anak-anak terutama masih bayi usia sampai dengan 6 bulan mendapatkan asi eksklusif dari ibunya dan mendapatkan asupan gizi yang cukup.

“Maka saya menghimbau bagi bapak ibu yang masih mempunyai anak dengan usia dibawah 2 (dua) tahun selain memberikan asi eksklusif minimal selama 6 bulan juga harus rutin memeriksakan kesehatan anaknya. Semoga dengan kegiatan germas ini, bapak ibu semua menjadi paham berbagai upaya mewujudkan hidup sehat sehingga warga Tlahab Lor akan menjadi masyarakat yang sehat, “ katanya.

Sebelum pelaksanaan kegiatan germas, Plt Bupati Tiwi yang didampingi suami Rizal Diansyah dan sejumlah pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga memulai rehab rumah tidak layak huni (RTLH) bantuan dari Puskesmas Karangreja untuk rumah milik Bpk. Rastuji warga Tlahab Lor, penanaman pohon dan menebar benih ikan di aliran sungai Tlahab Lor.

Dalam kegiatan germas tersebut, Plt. Bupati dan juga suami serta Sekretaris Daerah Wahyu Kontardi, SH. membagikan doorprize kegiatan jalan sehat germas yang berhadiah 7 ekor kambing, 4 buah sepeda dan berbagai hadiah lainnya. Yang beruntung mendapatkan kambing yang langsung diserahkan oleh Plt.Bupati Tiwi adalah Lia warga dusun Adireja Desa Tlahab Lor.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!