by

Majalah Espero Wakili Propinsi Jateng dalam Ajang LKJS Nasional 2015

-Pendidikan-dibaca 126.48Rb kali | Dibagikan 60 Kali

Espero

 

 

Purbalingga-Tim redaksi majalah Espero SMP Negeri 2 Purbalingga mewakili Propinsi Jawa Tengah dalam ajang Lomba Karya Jurnalistik Siswa (LKJS) jenjang SMP dan sederajat 2015. Tahapan final LKJS ini diselenggarakan Direktorat Pembinaan SMP, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan berlangsung 5-9 Oktober 2015 di Surakarta.

Kepala SMP Negeri 2 Purbalingga Aman Musthofan menuturkan, LKJS SMP ini bertemakan kegiatan jurnalistik sebagai upaya mempercepat pengembangan karakter siswa merupakan ajang kompetisi karya jurnalistik tingkat SMP secara nasional. Karya jurnalistik yang dilombakan wajib mempunyai rubrik yang memuat tema-tema yang berhubungan dengan nilai-nilai pendidikan karakter di sekolah

Majalah Espero sudah memuat rubrik-rubrik yang diwajibkan panitia, diantaranya rubrik prestasi siswa dan guru serta organisasi sekolah,tutur Aman saat melepas tim redaksi Majalah Espero di halaman SMP Negeri 2 Purbalingga (5/10).

Aman menjelaskan, Majalah Espero merupakan hasil karya siswa extra kurikuler jurnalistik.Tim redaksi Espero yang berangkat terdiri pemimpin dan sekretaris redaksi serta panata disain.

Mereka akan mengikuti penjurian tingkat Nasional dan akan bersaing dengan 39 majalah sekolah dari seluruh Indonesia,jelas Aman.

Guru extra kurikuler jurnalistik SMP Negeri 2 Purbalingga, Larasati Tavipiah menambahkan, majalah Espero merupakan karya jurnalistik asli para siswa, berjumlah 32 halaman, berisi rubrik-rubrik yang bervariasi.

Penulisannya sudah mengikuti kaidah-kaidah jurnalistik seperti berita (news) harus memenuhi unsur 5W+1H, piramida terbalik, dan standar kelayakan berita, serta menggunakan bahasa Indonesia ragam jurnalistik. Naskah yang ditulis siswa yaitu dalam tiga jenis yaitu berita (news), karangan khas (feature), dan opini (views),ungkap Laras.

Laras menegaskan, memang kami targetkan membawa pulang medali emas dan penghargaan dalam LKJS ini. Namun, itu bukan menjadi target utama, yang terpenting adalah meningkatkan pengetahuan jurnalistik, membangun cara berpikir kritis, jernih, dan seimbang serta mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan karakter di kalangan siswa.

Intinya, diharapkan muncul siswa berprestasi yang baik di bidang jurnalistik serta meningkatkan keterampilan menulis dan mengelola media cetak sekolah sendiri,tegas Laras.

Comment

Berita Lainnya