by

Mahasiswa Harus Mau Karantina Mandiri 14 Hari Jika Kembali ke Kota Yogya Saat New Normal

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta memperkirakan sekitar 200 ribu mahasiswa dari luar daerah yang akan kembali ke Kota Yogyakarta saat New Normal diterapkan nantinya. Saat ini, Gugus Tugas tengah menyiapkan protokol baru atau standar operasional prosedur (SOP) New Normal yang rencananya diterapkan pada Juli 2020 nanti.

“Ada sekitar 200 ribu mahasiswa luar daerah di Kota Yogyakarta. Jika kuliah sudah dimulai kembali, maka dibutuhkan protokol baru, termasuk saat mereka datang ke Yogyakarta,” tutur Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi kepada lintas24.com, Senin (1 Juni 2020).

Ia menjelaskan, protokol baru menjadi salah satu opsi menuju tatanan normal baru, dengan syarat seluruh protokol dilakukan secara ketat dan disiplin. Salah satu protokol baru yang disiapkan tentunya tidak hanya terkait dengan bidang sosial, ekonomi, kesehatan, dan pariwisata. Namun, juga protokol di bidang kesehatan, termasuk kedatangan ratusan ribu mahasiswa tersebut ke Kota Yogyakarta.

“Untuk itu, pihaknya berharap seluruh perguruan tinggi yang ada di Kota Yogyakarta agar mempersiapkan fasilitas berupa tempat isolasi bagi mahasiswa yang datang dari luar daerah. Isolasi tentunya harus dilakukan selama 14 hari bagi siswa yang baru datang ke Kota Yogyakarta,” ungkapnya.

Ia menegaskan, selain itu bagi mahasiswa yang baru datang harus malapor kepada perangkat pemerintahan desa/kelurahan setempat. Sehingga, dapat dilakukan pelacakan riwayat kontak.

“Pemerintah desa/kelurahan harus aktif dalam melakukan pemantauan, pengecekan dan pendataaan terhadap mahasiswa yang baru datang dari luar daerah,” tegasnya.

 

 

Comment

Feed Berita