by

Lurah Purbalingga Wetan Serukan Gunakan Masker Saat Berada di Luar Rumah

Lurah Purbalingga Wetan, Tri Anirwo Supandri menyerukan kepada masyarakat di wilayahnya untuk menggunakan masker saat tidak berada dirumah. Selain itu, masyarakat diminta untuk tidak panik, tetapi tetap waspada sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19.

“Saya serukan kepada para Ketua RW dan RT untuk mengkampanyekan kewajiban menggunakan masker saat tidak berada dirumah. Hal ini mengacu perintah Presiden Republik Indonesia Joko Widodo agar kita seluruh masyarakat Indonesia menggunakan masker terutama saat beraktivitas di luar rumah,” tuturnya kepada cyber media lintas24, Jumat (10 April 2020).

Ia mengungkapkan, penggunaan masker kain untuk seluruh masyarakat diwajibkan mengingat saat ini adanya kelonjakan kasus yang cukup tinggi dikarenakan banyak pasien virus corona sakit tidak bergejala dan sulit terdeteksi.

“Masyarakat diminta tetap waspada dan mematuhi protokol penanganan dan pencegahan Covid-19, seperti tetap berada di rumah, selalu mencuci tangan menggunakan sabun, dan bila terpaksa keluar rumah karena ada keperluan gunakan masker,” ungkapnya

Ia berharap, masyarakat Purbalingga Wetan untuk tetap tenang dan waspada. Tidak usah keluar rumah dulu, selalu memakai masker apabila terpaksa harus keluar rumah. Pakailah masker kain, ini untuk mencegah tertular dan menularkan. Karena tanpa gejala ini bisa menularkan virus corona saat berbicara, bersin, atau batuk,” ungkapnya.

“Tetap menjaga jarak fisik atau physical distancing, rajin cuci tangan pakai sabun,” ungkapnya

 

Ia meminta kepada para Ketua RT untuk lebih intens memantau warganya yang masih dalam isolasi mandiri sampai yang bersangkutan dinyatakan bebas tidak ada gangguan kesehatannya selama 14 hari.

“Ada keluhan segera melaporkan dan untuk seluruh warga Kelurahan Purbalingga Wetan saling mengingatkan, saling mengawasi. Terutama warga yang baru pulang dari luar daerah ataupun perantauan denagn kategori  zona merah. Segerakan secara sadar diri untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari,” ungkapnya.

Untuk penanganan covid-19 di Kelurahan Purbalingga Wetan lanjutnya, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan para Ketua RW, Ketua RT, Bidan Kelurahan, Babinsa Koramil 01/Purbalingga, Bhabinkamtibmas Polsek Purbalingga melalui aplikasi media sosial grup WhatsApp (WA).

“Intinya, saat ini kita tak perlu rubungan (berkumpul-red) tapi tetap terhubung. Semua informasi terkait Covid-19 bisa disampaikan di grup WA. Kita manfaatkan grup WA untuk berkoordinasi, semua informasi kita sampaikan. Misalnya, cara pendataan warga yang baru pulang kampung, cara penanganannya, kita terus evaluasi secara online,” ungkapnya

Comment

Feed Berita