Luar Biasa, Kota Madiun Punya 130 Titik Wifi Gratis

By: On: Dibaca: dibaca 18.63Rbx
Luar Biasa, Kota Madiun Punya 130 Titik Wifi Gratis

 

Permintaan Membludak, Pemkot  Bakal Tambah 33 Titik Wifi Baru.

 

Layanan internet gratis program Pemkot Madiun terbukti diminati masyarakat. Selain memberikan kemudahan dalam mengakses informasi, wifi gratis juga membantu masyarakat dalam bidang usaha.

Tak heran, permintaan penambahan titik wifi manage service berkecepatan 20 mbps produk PT Telkom itu terus berdatangan. Pemkot berencana menambah 33 titik baru dalam waktu dekat ini.

“Banyak permintaan titik baru. Pastinya akan terus kami tambah. Saat ini sudah ada 33 wifi baru untuk ditambahkan,“ kata Kasi layanan aplikasi dan Tata Kelola Pemerintah Elektronik Dinas Kominfo Kota Madiun Noor Afflah seperti dilansir lintas24.com dari laman madiunkota.go.id

Pemkot sudah memasang 130 titik wifi saat ini. Pemasangan menyebar disejumlah tempat umum. Di antaranya, pasar, ruang terbuka hijau (RTH), kantor kelurahan dan kecamatan, serta puskesmas dan kantor organisasi perangkat daerah (OPD). Artinya, bakal ada 163 titik wifi gratis tersebar di seantero Kota Madiun. Pun, bakal terus ditambah.

“Informasi sekarang menjadi salah satu kebutuhan dasar masyarakat. Makanya, layanan informasi harus semakin mudah dan murah,“ ujarnya.

Namun, lanjutnya, bakal ada sejumlah titik yang digeser. Sebab, dinilai kurang optimal. Lagi-lagi, itu berdasar permintaan masyarakat. Sebaliknya, muncul permintaan dibeberapa titik. Mulai pinggir jalan tertentu hingga masuk gang. Beberapa titik lainnya bakal diganti. Di antaranya, wifi kantor kelurahan dan kecamatan yang akan dipindah ke sejumlah tempat umum. Sementara yang di kelurahan dan kecamatan menggunakan wifi jaringan kominfo.

“Pemasangan wifi terus kami pantau. Termasuk keluhan yang masuk. Respon masyarakat cukup bagus dua bulan setelah pemasangan, “ ungkapnya.

Afflah tak membantah muncul banyak masukan. Selain penambahan titik, ada yang meminta penambahan jangkauan. Pihaknya berencana menambah repeater wifi ke depan. Namuun, masih dalam kajian. Sebab, penambahan repeater memungkinkan menurunkan kecepatan internet. Sebab, luasan jangkuan berbanding lurus dengan pengakses. Artinya, pengakses bertambah di satu titik wifi. Tak heran, jika pihaknya lebih fokus penambahan titik terlebih dahulu.

“Prinsipnya akses internet semakin mudah dan luas dengan kualitas yang mumpuni juga, “ pungkasnya sembari menyebut ada penambahan sepuluh titik baru di 2018.

Pemkot Madiun menyediakan layanan internet gratis bagi masyarakat sekitar dua bulan terakhir. Terdapat sekitar 130 titik diberbagai tempat umum. 33 titik baru bakal ditambah dalam waktu dekat. Bukan hanya terpusat di tengah kota. Namun, juga di wilayah pinggiran. (willy nugraha_mgr)

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!