by

Lima Titik di Tiga Kecamatan Banyumas Longsor Akibat Diguyur Hujan Sejak Sabtu

-Daerah, Update-dibaca 3.65Rb kali | Dibagikan 15 Kali

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas merilis terdapat lima titik yang mengalami longsor yakni di Desa Samudra dan Desa Kedungurang Kecamatan Gumelar, Desa Lumbir dan Desa Cirahab Kecamatan Lumbir, dan Desa Menganti Kecamatan Rawalo.

“Longsor di desa-desa itu disebabkan oleh kondisi hujan yang terjadi terus menerus, sejak Sabtu lalu,” kata BPBD Kabupaten Banyumas, Titik Puji Astuti dalam keterangan tertulis yang diterima mewdia siber lintas24.com, Rabu (7 Oktober 2020)

Titik mengatakan, bencana yang terjadi di Desa Samudra, mengakibatkan tepi jalan desa tersebut longsor dengan ketinggian empat meter dan lebar tujuh meter. Kemudian di Desa Kedungurang RT 5 RW 6 grumbul Cimenga, mengakibatkan warung semi permanen milik Almiri tergerus longsor.

Sedangkan jalan jembatan ke arah makam amblas sepanjang 12 meter dan lebar 2,5 meter terjadi di Desa Lumbir RW 7 tepatnya di Grumbul Krapyak. Di Desa Cirahab, tanah tergerus dengan tinggi lebih dari lima meter serta lebar tiga meter membuat jalan tertutup batu besar.

“Di Desa Menganti tepatnya di Jalan Makam RT 3 RW 5 mengalami longsor kurang lebih setinggi empat meter lebar 1,5 meter,” lanjutnya.

Guna mengantisipasi terjadinya longsor susulan pihak BPBD Kabupaten Banyumas dibantu warga menyiapkan karung berisi pasir atau tanah guna menahan tanah. “Kemudian juga menyiapkan logistik untuk kerja bakti membersihkan puing longsoran,” ucapnya.

 

 

Comment

Berita Lainnya