Lia Setyaningrum Guru PJOK di SD Negeri 1 Bobotsari – Siswa Harus Kuasai PBB, Melangkah Harus Indah

By: On: Dibaca: dibaca 147.84Rbx
Lia Setyaningrum Guru PJOK di SD Negeri 1 Bobotsari – Siswa Harus Kuasai PBB,  Melangkah Harus Indah

lia

Gerakan Peraturan Baris Berbaris (PBB) dapat melatih disiplin, menghargai sesama teman dan kekompakan tim. Dengan PBB pula, pendidikan karakter siswa akan terbangun.

Sejak kelas 1 Sekolah Dasar (SD) memang sudah diajarkan berbaris, namun masih dalam tahap yang sangat sederhana, sekedar lencang depan dan meluruskan barisan. Perlahan dan pasti, secara berjenjang naik ke kelas lebih tinggi diajarkan PBB dalam Pelajaran Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) sebagai persiapan untuk upacara bendera.

“Diberikan dasar-dasarnya dulu, seperti gerakan di tempat seperti hadap kanan, hadap kiri, balik kanan dan sebagainya, baru setelahnya gerakan berpindah tempat,”ungkap Lia Setyaningrum Guru PJOK di SD Negeri 1 Bobotsari

Lia menambahkan, mereka harus memahami dan mengerti gerakan-gerakan yang diajarkan. Pertama diajari secara teori di kelas yang kemudian dilanjutkan dengan praktek baris-berbaris di lapangan.  Teorinya, pelajaran PBB itu terdiri dari 2 bagian yaitu : gerakan di tempat dan gerakan berjalan.

“Gerakan di tempat yakni, sikap sempurna, lencang depan, lencang kanan, setengah lengan lencang kanan, berhitung, hadap kanan/kiri. hadap serong kanan/kiri,   balik kanan, istirahat di tempat,”ungkapnya

Setelah itu lanjut Lia, baru dilatih untuk gerakan berjalan, lazimnya perintah untuk melangkah ke depan. Langkah pertama adalah fokus maju jalan, harus tegas yang ditunjukkan dengan kaki kiri yang lebih dulu melangkah dengan menghentak tegas dan pasti yang diikuti dengan tangan kanan juga diayun ke depan dengan pasti dan tegas, sementara tangan kiri ke arah sebaliknya.

“Melangkah harus indah dan kompak, begitu seterusnya hingga aba-aba berhenti,”ungkapnya.

Lia menambahkan, seperti kali ini melalui sekolah kami membentuk Polisi Cilik (Pocil), didalamnya juga diajarkan gerakan varisai PBB tingkat mahir. Tujuannya selain menjadi sarana pembelajaran pendidikan jasmani dan olahraga, sekaligus pengenalan tugas dan pelayanan masyarakat, terlebih cara disiplin, sehingga boleh membentuk anak-anak yang bertanggung jawab, serta mengenal tugas kerja polisi, terlebih melayani masyarakat.

“Melalui Pocil ini akan membentuk karakter serta pengenalan hukum sejak usia dini. Lebih luas, pengenalan hukum sejak usia dini tidak sekedar kepada polisi cilik, namun lebih kepada anak-anak usia dini. Kelak beranjak dewasa, mereka sudah mengetahui mana yang salah dan mana yang benar,” katanya.

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!