by

Lesbumi Purbalingga Gelar Seni Pilkada Damai

-Budaya-dibaca 6.00Rb kali | Dibagikan 47 Kali

Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi) PCNU Purbalingga berinisiatif menyelanggarakan Gelar Seni Pilkada Damai. Tujuan diadakannya acara tersebut adalah untuk menyerukan Pilkada yang damai dan kondusif di Purbalingga dengan beberapa suguhan penampilan seni.

Ketua Lesbumi Purbalingga, Trisnanto Budidoyo, menuturkan bahwa, seni juga dapat dinikmati oleh berbagai macam kalangan, muda hingga tua, pria hingga wanita semua dapat menikmati kehadiran seni di dalam lingkup sosial. Gelaran seni terbukti efektif satukan masyrakat dari berbagai kalangan.

“Seni adalah wujud ekspresi terhadap opini dan penyampaian seseorang melalui berbagia macam media, baik itu Tari, Musik, Teater dan banyak lagi. Sebab melalui seni yang timbul dari perasaan dan keindahan bisa menggerakan jiwa perasaan manusia,”ungkpanya kepada siber lintas24.com, Sabtu (05 September 2020).

Ia juga mengungkapkan adanya Covid-19 membuat ruang gerak menjadi terbatas, tetapi acara tersebut akan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku guna mencegah penyebaran Covid-19, dan masyarakat masih bisa menikmati seni di tengah situasi pandemi.

“karena masih dalam masa pandemi Covid-19, gelar seni tersebut dilaksanakan secara virtual yang akan disiarkan secara live streaming melalui kanal YouTube Misbar Purbalingga. Acara tersebut tetap memerhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19,”tuturnya.

Sekretaris Lesbumi Purbalingga, Agustav Triono menyampaikan, bahwa tampilan seni yang akan digelar, yaitu antara lain baca puisi, baca cerpen, monolog, musik dan beberapa kesenian tradisional.

“Selain itu juga akan tampil seni tradisional guyon maton. Tak hanya seni nantinya juga ada orasi budaya dan doa yang akan disampaikan oleh KH. Ahmad Muhdzir, Ketua PCNU Purbalingga dan KH. Basyir Fadhlullah, dan Ketua YPI Minhajut Tholabah Bukateja,”ungkapnya.

Acara tersebut didukung oleh Kepolisian Resort Purbalingga, Bioskop Misbar Purbalingga dan Kedai Pojok. Adanya acara ini memberikan harapan kepada masyrakat untuk senantiasa optimis dan berkreasi di masa pandemi, dan menyukseskan Pilkada yang aman serta kondusif.

Editor : Rizky Riawan Nursatria

Comment

Berita Lainnya