Menu
Media Online Terpercaya

Lempeng Tektonik Begerak. Gempa Guncang Cilacap

  • Share
Dosen Teknik Geologi Fakultas Teknik Unsoed Dr.Ir.Asmoro Widagdo,ST.,MT.,IPP
Dosen Teknik Geologi Fakultas Teknik Unsoed Dr.Ir.Asmoro Widagdo,ST.,MT.,IPP

Gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 4,8 menguncang sebagian wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat terjadi pada pukul 21.35 Senin 09 Agustus 2021.

Gempa bumi baru saja terjadi di selatan Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Gempa bumi ini berada di laut Samudera Hindia di arah 90 km selatan Cilacap.Getaran gempa dirasakan di Cilacap, Purwokerto, Ciamis, Garut, Yogyakarta, hingga Pacitan.

Dosen Teknik Geologi Fakultas Teknik Unsoed Dr.Ir.Asmoro Widagdo,ST.,MT.,IPP menjelaskan, melihat sumber gempa yang dari laut dan tidak terlalu jauh, membuat masyarakat khawatir akan datangnya tsunami.

“Kedalaman gempa yang dangkal hanya 15 km menjadikan informasi gempa ini sangat mengkhawatirkan warga yang tinggal di tepian pantai di Kabupaten Cilacap, Pangandaran dan Kebumen,” ungkapnya, Senin (09 Agustus 2021) malam.

Ia menambahkan, gempa ini berkekuatan pada skala 4,8 sehingga walau terasa kuat di Cilacap karena jaraknya masih terlalu dekat, sebenarnya pada skala ini masih belum terlalu besar, dimana gempa yang berpotensi merusak berkekuatan 5,6 SR pada kedalaman dangkal (kurang dari 30 km).

“Gempa pada skala 5-6 SR masih termasuk gempa yang umum terjadi di selatan Jawa, bahkan gempa berskala 7 pun masih sering terjadi di selatan Jawa. Satu gempa besar yag pernah terjadi di selatan jawa adalah berskala 8,5 SR,” katanya.

Anggota Ikatan Ahli Geologi Indonesia ini menjelaskan, gempa yang sangat dikhawatirkan terjadi adalah gempa pada skala 8,8 yang dapat menimbulkan tsunami 20 meter. Untuk terjadinya gempa ini maka harus terkumpul kekuatan tegangan yang sangat tinggi di selatan Jawa.

Tegangan ini berasal dari tekanan/desakan lempeng samudera India ke arah Jawa. Untuk mengurangi tekanan ini maka gempa-gempa kecil di selatan Jawa harus sering terjadi. Dengan demikian kekuatan besar yang terpendam akan terlepaskan bersama gempa-gempa kecil ini.

“Sehingga kita harus bersyukur bahwa gempa kecil berskala kurang dari 5 SR terjadi di Cilacap pada tanggal 9 Agustus 2021,” katanya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *