LDK OSIS SMK YPLP Perwira Purbalingga, Tak Ada Istilah Senior Yunior

By: On: Dibaca: dibaca 11.09Rbx
LDK OSIS SMK YPLP Perwira Purbalingga, Tak Ada Istilah Senior Yunior

Cyber Media Lintas24.com-SMK YPLP Perwira Purbalingga terus berupaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) siswanya. Salah satunya, dengan memberikan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) kepada pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), untuk bekal siswa mengikuti organisasi.

Kepala Sekolah, Kurniawan Heri melalui Pembina OSIS Wera Nugroho Hastuti mengatakan, pembekalan ini  bertujuan menanamkan dasar-dasar ilmu manajemen organisasi, sehingga para siswa yang masuk menjadi pengurus OSIS memiliki pengetahuan, kemampuan, dan keahlian untuk berperan aktif di organisasi sekolah.

“Harapannya LDK ini memberikan dampak positif kepada 30 orang pengurus OSIS, karena para pengurus OSIS diberi materi, kedisiplinan, kepercayaan, kemandirian, sikap pantang menyerah dan keberanian menghadapi situasi apapun,”ungkap Wera kepada lintas24.com disela-sela kegiatan, Jumat sore (8 Desember 2017).

Ia menambahkan, sekolah melakukan penjaringan terhadap siswa yang memiliki jiwa kepemimpinan. Bagi para siswa yang menjadi pengurus OSIS akan lebih memiliki rasa tanggung. Rasa tanggung jawab yang dimiliki oleh para pengurus OSIS bukan hanya bertanggunng jawab atas diri sendiri melainkan pertanggung jawaban atas kepengurusannya.

“Ini juga akan menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari bahwa setiap induvidu memiliki tanggung jawab atas dirinya dan orang lain,”ungkapnya.

Ketua Panitia LDK, Deni Rizal Pratama mengatakan, yang menjadi anggota OSIS adalah seluruh siswa di SMK YPLP Perwira Purbalingga dan pengurus OSIS merupakan perwakilan yang dipilih oleh seluruh anggota OSIS untuk kurun waktu 1 tahun kepengurusan.

“OSIS merupakan salah satu tempat untuk menumbuhkan jiwa sosial kita yang terkadang masih kurang, di OSIS kita diajarkan bagaimana caranya menasehati, mengingatkan dan mengajak orang yang tentu saja mempunyai watak dan sikap yang berbeda-beda juga pola pikir mereka yang terkadang merasa mengerti akan dirinya,”ungkapnya.

LDK ini lanjut Deni, merupakan salah satu mengembangkan bakat dan minat pengurus OSIS untuk mengenal masalh organisasi. Tujuan latihan dasar kepemimpinan ini adalah membangun kepemimpinan dan organisasi yang efektif, efisien yang membawa perubahan positif di lingkungan intra sekolah

“Ini untuk bekal kami ketika berorganisasi disekolah dan bermasyarakat tentunya,” paparnya.

Deni mengemukakan, dalam hubungan dengan para siswa lainya, tidak ada istilah senior dan yunior yang akan membuat jurang perbedaan. Disekolah selalu dikedepankan semangat kekeluargaan dan selalu memupuk rasa persatuan dan kesatuan.

“Tidak ada istilah senior yunior, semua saling menghormati dan menghargai. Sudah menjadi keluarga besar kok, yang paling penting bagaimana kita berkonsentrasi menuntut ilmu disekolah,”ungkapnya

Hal senada diungkapkan, Dewan Pembantu OSIS, Khatifah. Siswa kelas XII ini mengaku banyak manfaat yang diambil dalam LDK ini, Selain, menambah pengetahuan tentang kemampuan berorganisasi, kegiatan ini juga dapat memupuk semangat persatuan dan kesatuan antar keluarga besar SMK YPLP Perwira Purbalingga.

“Kami mendapat pengetahuan tentang bekerja sama dan kepekaan sosial. Tidak ada persoalan yang dominan antara senior dan yunior, kakak kelas dengan adik kelas. Kita semua sudah menjadi keluarga besar,”ungkapnya.(mahendra yudhi krisnha)

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!