Layanan Internet Gratis Pemkot Sentuh Hingga Pinggiran

By: On: Dibaca: dibaca 32.00Rbx
Layanan Internet Gratis Pemkot Sentuh Hingga Pinggiran

 

Layanan internet gratis program Pemkot Madiun terbukti dibutuhkan masyarakat. Ratusan titik wifi yang dipasang pemkot ramai pengakses. Pemkot ogah dinilai tebang pilih.

Layanan internet berupa wifi manage service berkecepatan 20 mbps produk PT Telkom itu sengaja disebar hingga daerah pinggiran. Salah satunya, di Taman Kelun, Kelurahan Kelun, Kartoharjo ini. Keberadaan wifi gratis terbukti memberikan beragam manfaat bagi masyarakat.

‘’Setelah ada ini (wifi) jadi ramai. Terlebih waktu pulang sekolah dan hari libur,’’ kata Febri Trisetyo, petugas kebersihan Taman Kelun

Pengunjung, kata dia, bisa mencapai ratusan dalam sehari di hari libur. Mulai pagi hingga malam. Kebanyakan pelajar. Mereka bukan sekedar mengakses media sosial masing-masing. Bukan sekedar mencari hiburan. Namun, wifi juga dimanfaatkan untuk mencari referensi tugas. Pelajar yang datang, lanjutnya, lengkap dengan piranti laptop dan buku. Beberapa di antaranya juga membawa tikar. Sebagian menggunakan tikar fasilitas pedagang kaki lima (PKL). Febri menyebut kawasan taman menjadi lokasi favorit kini.

‘’Sudah seperti tempat nongkrong utama. Bukan hanya pelajar, orang tua dan anak-anak juga sering datang,’’ terangnya.

Bukan hanya masyarakat, PKL di sana juga bak ketiban durian. Rata-rata penjualan mereka naik. Harap maklum, pengunjung taman juga meningkat. Peningkatan dibenarkan  Puji Rahayu, salah seorang pedagang minuman dan makanan ringan.

Puji menyebut ada peningkatan hingga 50 persen. Itu, kata dia, juga dirasakan pedagang lain. Ada sekitar 75 pedagang silih berganti di sana. ‘’Membantu lah, selain dapat akses internet gratis juga meningkatkan pengunjung,’’ ujarnya.

Pemkot Madiun menyediakan layanan internet gratis bagi masyarakat sekitar dua bulan terakhir. Terdapat sekitar 130 titik diberbagai tempat umum. Di antaranya, pasar, sekolah, taman, hingga puskesmas dan kantor kelurahan. Bukan hanya terpusat di tengah kota. Namun, juga berbagai fasilitas umum di lokasi pinggiran. Harapannya, masyarakat mendapatkan kemudahan akses informasi. (willy nugraha_mgr)

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!