Laksanakan K13, Siswa SMP Negeri 2 Purbalingga Belajar di Luar Kelas.

By: On: Dibaca: dibaca 134.16Rbx
Laksanakan K13, Siswa SMP Negeri 2 Purbalingga Belajar di Luar Kelas.

K13_1

 

Purbalingga- Di dalam Kurikulum 2013 (K13) terdapat esensi pendekatan ilmiah dalam pembelajaran. Metode ilmiah merujuk pada teknik-teknik investigasi atas fenomena untuk memperoleh pengetahuan baru, atau mengoreksi dan memadukan pengetahuan sebelumnya.

Guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SMP Negeri 2 Purbalingga, Sukanto mengungkapkan, pembelajaran K13 tidak hanya dilakukan di dalam kelas, tetapi bisa berlangsung di luar kelas atau lingkungan sekitar sekolah.

Ini untuk mengenalkan kepada siswa bahwa belajar dapat dilakukan di mana saja. Tidak harus terus menerus di dalam ruangan,ungkap Sukanto disela-sela pembelajaran IPA di luar ruang kelas (4/8).

Sukanto menambahkan, dalam pendekatan ilmiah K13 pelajaran IPA terpadu, siswa diarahkan untuk mencari dan menemukan sendiri sehingga dapat membantu untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar.

Artinya, peserta didik secara individual maupun kelompok harus aktif mencari, menggali, dan menemukan konsep serta prinsip secara menyeluruh dan nyata,ungkapnya.

Seperti pembelajaran kali ini tambah Sukanto, peserta didik sedang mengamati tumbuhan putri malu atau dalam bahasa ilmiah Mimosa pudica dan berbunga sejak bulan Juni sampai Agustus. Tumbuhan ini bereaksi terhadap sentuhan dan keadaan gelap dengan menguncupkan daunnya, menunduk dan terkulai.

Peserta didik harus mengamati tumbuhan yang mempunyai ke khasan tersendiri yakni daunnya menutup dengan sendirinya saat disentuh dan membuka kembali setelah beberapa lama, ungkapnya.

Lalea Ramadani, siswa kelas VIII E mengungkapkan, proses belajar diluar kelas menekankan pada pembelajaran langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah.

Menyenangkan belajar di luar kelas, dapat mengetahui dari pengamatan langsung prosesnya,ungkapnya.

 

 

 

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!