by

Kwarda Jateng Menilai Kinerja Kwarcab Purbalingga Tahun 2020

Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah menilai Kwartir Cabang (Kwarcab) Purbalingga dalam lomba Kwarcab tergiat. Evaluasi dan penilaian ini diadakan untuk terus memacu kegiatan Pramuka sekaligus untuk mengetahui sampai sejauh mana pramuka dikenal dan berguna bagi masyarakat.

Ketua Tim Penilai, Kak Agus Widiyanto mengungkapkan, sesuai Musda Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah XII Tahun 2018, penilaian Kwartir Cabang (Kwarcab) tergiat mengalami perubahan format.

“Pada masa bakti Kwarda sebelumnya dilakukan tiap tahun, mulai periode ini dilakukan dua tahun sekali,” ungkap Kak Agus Widiyanto yang juga Bidang Organisasi dan Hukum Kwarda Jawa Tengah saat kegiatan di Sanggar Pramuka Kwarcab Purbalingga Jalan Kopral Tanwir Nomer 61 Kelurahan Purbalingga Lor, Kecamatan Purbalingga, Minggu (8 Maret 2020)

Ia menjelaskan, lomba ini merupakan agenda rutin yang dimiliki Kwarda Jawa Tengah sebagai upaya pembinaan struktural dan evaluasi pelaksanaan kegiatan. Ada lima bidang yang dilombakan, Yakni Organisasi dan hukum, Binamuda, Binawasa,  aset sarana prasarana dan humas abdi masyarakat.

Berbagai upaya, peningkatan fasilitas dan kualitas terus dilakukan sehingga proses pembinaan dan pengembangan karakter generasi muda dapat berjalan maksimal,” katanya.

Ketua Kwarcab Purbalingga, Kak Subeno menuturkan, kegiatan ini sangat positif karena selain meningkatkan silaturahmi juag sekaligus ajang evaluasi untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan yang diraih dalam pembinaan, serta pelaksanaan berbagai kegiatan kepramukaan di Kabupaten Purbalingga.

“Menjadi yang terbaik, tentu menjadi harapan pengurus dan tentu harus diupayakan semaksimal mungkin. Termasuk nantinya menindaklanjuti rekomendasi, masukan-masukan dari tim penilai. Evaluasi dan penilaian kinerja Kwarcab diharapkan menjadi pemicu semangat dalam berbagai aktifitas kepramukaan,” tuturnya

Wakil Ketua Kwarcab Purbalingga Bidang Organisasi dan Hukum, Ali Sudarmo menambahkan, penilaian yang dilakukan Kwarda Jateng telah berjalan dengan baik dan lancar. Kegiatan ini untuk menilai kegiatan di tahun 2018 dan 2019. Kwarcab Purbalingga masuk papan utama dari 35 Kwarcab di Kabupaten/kota yang ada di Jawa Tengah.

“Hasilnya penilaiannya tadi, pada umumnya untuk kegiatan Kwarcab Purbalingga sudah baik. Perlu pembenahan dokumentasi kegiatan yang masih tercecer itu untuk senantiasa di rapikan, sehingga nantinya diharapkan seluruh kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan dapat terdokumentasi sesuai urutan waktu pelaksanaan,” ungkapnya

Ia menambahkan, Tim penilai menyoroti keaktifan kegiatan Satuan Karya (Saka). Ditekankan perlu pembenahan kegiatan kesakaan agar dapat melaksanakan kegiatan dengan baik. Untuk bidang-bidang yang lain tidak menjadi sorotan.

“Untuk Kesakaaan, nantinya Kwarcab Purbalingga akan mengundang para Pimpinan Saka (Pinsa) untuk mendiskusikan terkait kendala-kendala yang dihadapi oleh Saka. Kita satukan presepsi, kalau para pimpinan Saka, kalau memerlukan ada kursus orientasi para Pinsa atau instruktur Saka nanti akan kita diskusikan dalam forum itu,” imbuhnya

Selain Agus Widiyanto, tim penilai lainnya dari Kwarda Jawa Tenga yakni Supomo (Bidang Bina Muda), Wagiran (Bidang Bina Wasa), Adityo Wicaksono (Bidang Humas dan Abdimas), dan Sigit (Bidang Keuangan dan Sarpras), serta Ivan dari Dewan Kerja Daerah Jawa Tengah.

 

 

Comment

Feed Berita