Menu
Media Online Terpercaya

Kwarcab Purbalingga Selenggarakan Seleksi Pramuka Garuda Berprestasi

  • Share

Selain untuk mencari bibit Pramuka Garuda yang memiliki prestasi, kegiatanseleksi Eagle Scout Award atau lebih dikenal dengan Pramuka Garuda Berprestas juga sebagai upaya Kwarcab Purbalingga dalam mencari kader yang akan dikirimkan untuk mengikuti kegiatan yang sama ditingkat Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah.

“Menjadi Pramuka Garuda adalah sebuah pencapaian yang sangat luar biasa, pencapaian yang akan bisa menjadikan anggota Pramuka sebagai teladan di kehidupan masyarakat. Apalagi menjadi Pramuka Garuda Berprestasi, pastinya bisa menjadi kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri,” kata Sekretaris Bidang Pembinaan Anggota Muda (Binamuda) Kwarcab Purbalingga, Sabtu (26 Juni 2021).

Kak Kusno yang juga Sekretaris Bidang Pembinaan Anggota Muda (Binamuda) Kwarcab Purbalingga memaparkan, diawali dengan proses pendaftaran secara online yang dimulai tanggal 22 Juni 2021, para peserta harus mengikuti tahapan penyusunan portofolio dan pembuatan hasta karya hingga tanggal 30 Juni 2021. Pengiriman portofolio dan syarat administrasi lainnya hingga tanggal 30 Juni 2021 dan terakhir kegiatan ini akan ditutup dengan pengumuman hasil kejuaraan pada tanggal 3 Juli 2021.

“Ada dua tahapan yang harus diikuti oleh peserta, yaitu tahap satu (penyisihan) berupa tahap administrasi, portofolio dan hasta karya. Pada tahap ini akan diambil tiga besar yang nantinya akan masuk tahap kedua yaitu tahap wawancara, verifikasi, pembekalan dan pemantapan,” katanya.

Dari tiga besar ini nantinya lanjut Kak Kusno, ditentukan juara satu hingga juara tiga, dan bagi juara satu di tiap golongan akan dikirimkan untuk mengikuti kegiatan Pramuka Garuda Berprestasi tingkat Kwartir Daerah Jawa Tengah tahun 2021.

Menurutnya, tidak menjadi halangan ketika kegiatan harus dilaksanakan secara daring. Selain kondisi masih pandemi covid 19, dengan adanya metode seperti ini bisa menjadi langkah awal agar anggota Pramuka bisa lebih akrab dengan dunia teknologi informasi.

“Seluruh tahapan pada kegiatan ini dilaksanakan secara daring atau online. Hal ini dikarenakan situasi masih dalam masa pandemi covid 19 sehingga perlu adanya kepatuhan dari anggota Pramuka dalam menjaga penerapan Protokol Kesehatan,” katanya.

 

 

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *