by

Kwarcab Purbalingga Peduli Covid-19. Bagikan Masker di HUT ke 59 Gerakan Pramuka

-Daerah, Update-dibaca 8.44Rb kali | Dibagikan 28 Kali

Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Purbalingga membagikan masker kepada masyarakat. Pembagian masker yang dilakukan Kwarcab Purbalingga kali keempat ini merupakan kegiatan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan ke 75 Republik Indonesia dan HUT ke 59 Gerakan Pramuka

“Kali ini pembagian masker kami arahkan ke wilayah utara dan selatan seperti Kemangkon. Untuk wilayah perkotaan kami anggap warga masyarakat sudah cukup mampu untuk membeli masker. Sehingga saat ini pembagian masker gratis kami fokuskan di wilayah pinggiran kota,” ungkap  Ketua Kwarcab Purbalingga, Subeno kepada media siber lintas24.com, di alun-alun, Sabtu pagi (22 Agustus 2020).

Ia menambahkan, adanya pandemi corona ini, Kwarcab Purbalingga telah beraktifitas banyak, mulai dari pembagian sembako di sejumlah titik, ikut memantau arus keluar masuk orang ke Purbalingga, termasuk di gugus tugas dan melakukan sosialisasi keliling menggunakan kendaraan roda empat

“Langkah awal berupa kerjasama dengan Dinas Perhubungan untuk melakukan pemantauan lalu lintas kendaraan maupun orang keluar-masuk Kabupaten Purbalingga. Posko ini didirikan di sejumlah  pintu masuk Purbalingga,’ ungkapnya.

Ia mengatakan, kepedulian terhadap dampak sosial ekonomi yang terjadi akibat pandemi covid-10 juga dilakukan Kwarcab Purbalingga.

“Kami memberikan bantuan bagi warga terdampak corona yang tidak dapat melakukan aktifitas pekerjaan, berupa pembagian sembako,” ungkapnya.

Sekretaris Bidang Humas dan Protokol Kwarcab Purbalingga menambahkan, untuk memperingati HUT ke 59 Gerakan Pramuka tahun 2020 ini mengusung tagline bergerak terdepan dan tema Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu dalam Penanggulangan Bencana COVID-19 dan Bela Negara. Kwarcab Purbalingga telah melaksanakandialog interaktif bekerjasama dengan LPPL Radio Gema Soediman Purbalingga, renungan dan ulang janji pramuka, serta ziarah ke makam para tokoh Pramuka di Purbalingga, pembagian masker kepada masyarakat secara gratis. Puncak kegiatan akan dilaksanakan upacara Hari Pramuka di Pendapa Dipokusumo pada tanggal 29 Agustus 2020.

“Pembagian masker kepada masyarakat secara gratis di masa pandemi Covid-19 ini merupakan kegiatan yang diunggulkan, karena sejak Kwarcab Purbalingga melakukan banyak hal terdepan bergerak,  termasuk untuk pembagian sembako penyemprotan dan juga untuk ikut aktif di gugus tugas,” ungkapnya.

Ia menambahkan, kegiatan pembagian masker kepada masyarakat ini melibatkan pengurus Kwarcab, para Andalan, Unit Pasukan Perwira Muda (Pasperda) DKC, Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Purbalingga, Satlantas Polres Purbalingga dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Purbalingga.

“Tadi Ka Mabicab, Kak Dyah Hayuning Pratiwi juga ikut membagikan secara langsung kepada masyarakat,” tuturnya

Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Ka Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengapresiasi langkah yang dilakukan Kwarcab Purbalinggayang telah bersinergi dan membantu banyak serta mendukung program-program pemerintah.

“Semoga di usia yang ke 59 tahun Gerakan Pramuka di Kabupaten Purbalingga bisa terus berjaya dan mampu melahirkan tunas-tunas muda yang berkarakter, yang berjiwa Pancasila, berbudi pekerti luhur dan tentunya bisa ikut berkontribusi terhadap kemajuan daerah dan bangsa Indonesia.” ungkap Bupati yang akrab disapa Tiwi.

Comment

Berita Lainnya