Kwarcab Purbalingga Dirikan Posko Simpatik Lebaran 2019

By: On: Dibaca: dibaca 10.88Rbx
Kwarcab Purbalingga Dirikan Posko Simpatik Lebaran 2019

Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Purbalingga mendirikan Posko Simpatik Lebaran Pramuka Peduli dan Ubaloka Kwarcab Purbalingga di simpang empat Karangsentul. Aksi sosial ini melibatkan Pramuka Peduli, Unit Bantuan Pertolongan Pramuka (Ubaloka),Unit Jurnalistik dan Pasukan Perwira Muda (Pasperda) berlangsung dari Rabu (29 Mei 2019) hingga Selasa (4 Juni 2019).

Ketua Dewan Kerja Cabang, Kak Dhiki Rahmawan Pratama menjelaskan, aksi sosial ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahun menjelang lebaran. Aksi ini merupakan kepedulian dari seluruh anggota Pramuka yang berada di Unit-unit Kerja Kwarcab  serta berkoordinasi dengan Satuan Karya (Saka) Bhayangkara dan Saka Wira Karya.

“Untuk tahun ini, kami mendirikan posko induk secara mandiri. Jumlah personil yang terlibat sebanyak 80 orang Pramuka,”ungkap Kak Dhiki di Posko Induk Karangsentul, Senin dini hari (3 Mei 2019)

Ia menambahkan, tugas pokok fungsi dari keterlibatan personil Pramuka adalah membantu kelancaran arus lalu lintas. Pelaksanaan tugas ini dikoordinasikan dengan intansi luar seperti dari Polres Purbalingga, Dinas Perhubungan, dan semua instansi yang terlibat dalam arus mudik lebaran 2019.

“Kami membantu tugas-tugas semua unsur dalam kelancaran arus mudik. Kita terjunkan personil untuk ikut mengurai kemacetan di titik-titik tertentu dan Pos Pengamanan (Pospam) dan Pos Pelayanan (Posyan) Mudik Lebaran 2019,”ungkapnya.

Personil Pramuka ini lanjut Kak Dhiki, ditempatkan di Posko Induk Pramuka Karangsentul, Pospam Karangreja, Posyan Bayeman, Pospam Masjid Ceng Ho Mrebet, Pospam Sirongge, Pospam Alun-alun, Posyan Pasar Segamas. Untuk waktu tugas, dibagi menjadi tiga shift yakni pertama Pukul 08.00 Wib hingga Pukul 14.00 Wib, kedua Pukul 14.00 Wib hingga Pukul 20.00 Wib dan ketiga Pukul 20.00 Wib hingga Pukul 08.00 Wib.

“Kegiatan di kendalikan dari Posko Induk. Disini kami menyiagakan personil Pramuka yang siap meluncur jika terjadi kemacetan. Misalkan, terjadi kemacetan di Pusat perbelanjaan Sudirman atau di seputar alun-alun. Personil Pramuka segera melakukan pergeseran untuk membantu mengurainya,”ungkapnya.

Selain itu, Personil Posko Simpatik Lebaran Pramuka Peduli dan Ubaloka Kwarcab Purbalingga juga terlibat kegiatan Patroli malam bersama Polri, Dishub dan SAR.

“Untuk patroli malam, personil Pramuka secara bergantian mengikuti kegiatan Polri, Dishub dan SAR berkeliling Purbalingga,”ungkapnya. (member indonesia scout journalist_ISJ 1151 untuk Tim Liputan Mudik Hebat Cyber Media lintas24.com)

 

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!